181 Anggota Polres Kotim Dites Urine Oleh Direktorat Narkoba Polda Kalteng

0
59

POSBUMI.COM, KALTENG – Bersama Bid Propam Polda Kalteng lakukan pemeriksaan Urine 181 Anggota Polres Kotim, Jum’at (04-09-20).

Kegitan pemeriksaan urine anggota Polres Kotim tersebut dilaksanakan di koridor tengan Mapolres Kotim Jl. Jenderal Soedirman km.0 Kelurahan Mentawa Baru Hulu Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur ( KOTIM ) , dipantau langsung Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin.

Hal ini sebagai bentuk upaya pengawasan kedisiplinan Internal di Polda Kalteng, salah satu giat rutin berkala dengan waktu yang tidak ditentukan adalah melaksanakan Penegakan Disiplin pemeriksaan sample Urine Anggota Polres jajaran Polda Kalteng yang salah satunya adalah ke Polres Kotim.

Dalam kegiatan pemeriksaan tersebut dilaksanakan oleh Anggota Direktorat Narkoba Polda Kalteng yang diawasi langsung oleh Perwira dan Anggota Bid Propam Polda Kalteng didampingi Seksi Propam Polres Kotim, dengan sasaran seluruh anggota Polres Kotim baik Perwira, Bintara dan ASN Polres Kotim berikut anggota Polsek Kota terdekat.

Direktorat Narkoba Polda Kalteng, Periksa Urine 181 Anggota Polres Kotim. 1 Polda
Suasana antrian anggota Polres Kotim yang diperiksa urinenya oleh Direktorat Narkoba Polda Kalteng
Pada kesempatan tersebut Kapolres Kotim Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin,didampingi Waka Polres Kotim Kompol Aziz Septiadi, selaku Pengawas Internal Polres mengawasi langsung kegiatan pengecekan dan tes Urine Anggota Polri Polres Kotim tersebut.

Tujuannya adalah untuk menjaring apakah ada Anggota Polri yang mengkonsumsi Narkoba dan obat obatan terlarang lainnya, secara independent karena kali ini yang melaksanakan adalah dari Bid Propam Polda Kalteng bekerjasama dengan Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalteng.

Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah Apel Pagi.

Kasi Propam Iptu. Handaya Mintardjo, langsung mengumpulkan seluruh Anggota Polres dari Bintara hingga Perwira staf Polres Kotim dan anggota Polsek terdekat.

Kemudian satu persatu diambil Sample Urinenya, dilanjutkan pemeriksaan dan diagnosa Urine dilakasnakan oleh Paur Kesehatan Polres Kotim Aiptu. H. Warsito. Amd Bersama-sama dengan Anggota Direktorat Resnarkoba Polda Kalteng.
Dengan menggunakan Met Drug Abuse test Strip (stick) Indikator dan untuk lebih keakuratan beberapa anggota Polri dilakukan periksa dengan alat Rapid Test Saliva (pengambilan cairan rongga mulut yang kompleks dan terdiri dari campuran sekresi kelenjar ludah mayor dan minor, yang terdapat pada mukosa rongga mulut).

Kegiatan tersebut juga diawasi melekat oleh Anggota Sie Propam Polres Kotim dan Bid Propam Polda Kalteng. Dari hasil pemeriksaan dan diagnosa sample urine Anggota Polres Kotim sebanyak 181 orang tersebut, semuanya menunjukan hasil Negatif tidak ada yang terindikasi pernah mengkonsumsi Narkotika atau obat-obatan terlarang lainnya.

Bukti Urine Anggota Polres yang diperiksa Dirnarkoba Polda Kalteng
Saat dikonfirmasi Kapolres Kotim AKBP. Abdoel Harris Jakin, melalui Kasi Propam Iptu Handaya Mintardjo, bahwa kegiatan pemeriksaan Urine ini secara berkala akan selalu dilaksanakan dengan waktu yang tidak ditentukan, sewaktu-waktu secara mendadak akan dilaksanakan giat Penegakan Ketertiban dan Kedisiplinan terhadap semua anggota.

“Di harapkan kepada semua Anggota Polri khususnya Polres Kotim, jangan coba-coba kenal apalagi menggunakan Narkoba, sebab konsekwensi sudah jelas yakni selain tindakan Disiplin Internal, Sanksi Pidana umum juga sudah menanti” tegasnya.
( Sr )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here