7 Kecamatan Di Banjar-Tanah Laut Kalsel Masih Terendam Banjir

0
22

POSBUMI.COM, KALSEL – Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) mengerahkan tim untuk mengevakuasi masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kabupaten Banjar dan Tanah Laut (Tala). Ada 7 kecamatan yang masih terendam banjir.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Mochamad Rifa’i mengatakan untuk wilayah hukum Polres Banjar, tim yang dikerahkan beranggotakan Tim SAR Polres Banjar, TNI, Basarnas, dan stakeholder lainnya. Tim memberikan bantuan kepada para korban banjir dan mengamankan harta benda berharga milik warga.

Rifa’i menuturkan berdasarkan hasil pemantauan di lapangan, debit air semakin meningkat meski pekan lalu banjir sudah surut. Tercatat 7 kecamatan di Kabupaten Banjar yang terendam banjir akibat hujan yang terjadi terus-menerus dengan intensitas hujan yang merata selama beberapa hari terakhir.

“Ketujuh kecamatan tersebut yakni Kecamatan Pengaron, Kecamatan, Astambul, Kecamatan Martapura Kota, Kecamatan Martapura Timur, Kecamatan Martapura Barat, Kecamatan Intan, dan Kecamatan Sungai Tabuk,” kat Rifa’i dalam keterangannya, Rabu (13/1/2021).

Ketinggian air yang merendam rumah warga diperkirakan mencapai satu hingga dua meter lebih. Air diperkirakan akan terus meninggi.

“Sampai saat ini ada 7 kecamatan yang terdampak banjir dengan perkiraan kondisi air akan terus meninggi karena hujan seharian sampai malam,” ujarnya.

Sejumlah warga yang telah dievakuasi ditempatkan di rumah-rumah keluarga mereka yang belum terendam banjir. Warga yang dievakuasi juga didata.

Rifa’i mengatakan polisi telah membagikan sejumlah logistik kepada warga baik makanan siap saji maupun bantuan logistik lainnya seperti selimut dan obat-obatan. Kapolda Kalsel Irjen Rikwanto memerintahkan personelnya khususnya Polres Banjar untuk berangkat ke lokasi banjir untuk memberikan bantuan langsung kepada warga yang terdampak banjir, baik berupa nasi bungkus dan air mineral serta membantu evakuasi.(Kar/Dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here