Ansitipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemkot Tangerang Tambah Fasilitas RIT di Pakons Prime Hotel

0
57

POSBUMI.COM, KOTA TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang kembali menambah fasilitas Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) sebagai upaya mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meninjau langsung Pakons Prime Hotel yang akan menjadi fasilitas RIT tambahan yang disiapkan oleh Pemerintah Kota Tangerang.

“Kita cek kondisi dan fasilitas yang dimiliki, agar bisa dimanfaatkan maksimal,” terang Arief saat meninjau Pakons Prime Hotel, Jl Daan Mogot, Kota Tangerang, Rabu 30 Desember 2020.

Sebagai RIT, lanjut wali kota, Pakons Prime Hotel telah siap untuk merawat pasien Covid-19 dengan kapasitas tempat tidur yang dimiliki sebanyak 113 unit.

“Untuk operasionalnya akan dimulai Kamis, 31 Desember 2020. Total fasilitas RIT yang ada sebanyak 375 tempat tidur,” jelas Arief.

Lebih lanjut Arief mengungkapkan, kendati memiliki fasilitas RIT tambahan, Pemkot Tangerang mengharapkan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19 agar jumlah masyarakat yang terpapar tidak semakin bertambah.

“Terapkan protokol 3M dan juga menghindari kerumunan,” pesannya.

Saat ini Pemerintah Kota Tangerang memiliki RIT dengan total 375 tempat tidur dengan rincian Pakons Prime Hotel 113 tempat tidur, Puskes Jurumudi Baru 70 tempat tidur, Puskes Gebang Raya 28 tempat tidur, Puskes Panunggangan Barat 44 tempat tidur, RPS Dinsos 38 tempat tidur dan Hotel Siti 82 tempat tidur.

Camat Pinang Ajak Masyarakat Cegah Penularan
Sementara itu di tempat terpisah, Camat Pinang Kaonang menjelaskan wilayah Kecamatan Pinang kini masuk zona merah covid’19. Maka itu ia mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak patuh terhadap protokol kesehatan.

“Petugas Kecamatan Pinang bekerja untuk kebaikan masyarakat. Maka bila ada warga tak memakai masker lalu diingatkan petugas, hendaknya itu menjadi peringatan bagi yang bersangkutan untuk tidak mengulangi kekeliruannya,” jelas Camat Pinang Kaonang, Rabu pagi 30 Desember 2020.

Camat Pinang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mencegah penularan wabah virus korona (covid’19) ini dengan kesadaran yang tumbuh dari diri masing-masing.

Menjelang pergantian tahun dari 2020 ke 2021, Camat Pinang Kaonang mewanti-wanti masyarakat untuk mematuhi Surat Edaran Walikota Tangerang Nomor 443 1/3903 Disbudpar/2020 tentang Pengendalalian Kegiatan Masyarakat dalam Pencegahan Corona Virus Disease ’19 pada Masa Liburan Natal dan Tahun Baru.

Dijelaskannya, Pemerintah Kota Tangerang menyerukan kepada setiap orang yang berada di wilayah Kota Tangerang dari tanggal 18 Desember 2020 sampai dengan 8 Januari 2021 agar meningkatkan aktivitas pencegahan penyebaran Covid-19.

“Surat Edaran dari Bapak Walikota Tangerang kami sosialisasikan wilayah Kecamatan Pinang, kami bagikan kepada masyarakat Kecamatan Pinang. Setiap leading sector di keramaian punya tugas dan tanggung jawab untuk mengendalikan penyebaran virus korona. Ini kasus penyebaran sedang tinggi. Wilayah Kecamatan Pinang masuk zona merah dan ini menjadi perhatian serius kita,” ungkap Camat Pinang Kaonang.

Camat Pinang menghimbau kepada masyarakat Kecamatan Pinang untuk mematuhi Surat Edaran Walikota Tangerang tersebut guna pencegahan penyebaran virus korona dengan memprioritaskan untuk berada di dalam rumah dan mengurangi kegiatan di luar rumah kecuali untuk kegiatan yang mendasar atau mendesak. Setiap orang agar memakai masker, menjaga jarak aman dan tidak membuat dan/atau menghadiri kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan/keramaian, serta dilarang melakukan kegiatan menyalakan petasan/kembang api, pawai obor, dan konvoi kendaraan bermotor (arak arakan).***

Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here