Baharkam Polri Mengerahkan Dua Unit Pesawat Ke Lokasi Gempa Bumi

0
56

POSBUMI.COM, JAKARTA – Polri mengerahkan dua unit pesawat ke lokasi gempa bumi yang terjadi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Polri juga mengirimkan enam ekor anjing K9 untuk membantu petugas melakukan evakuasi.

“Untuk Baharkam Polri mengirimkan dua unit pesawat udara Ditpoludara Baharkam Polri dan enam ekor K9 beserta 15 personel Ditpolsatwa Baharkam Polri serta satu kapal Polair tipe B,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono melalui keterangan tertulis, Jumat (15/1/2021)

Argo menuturkan Polri juga mengerahkan 24 unit solar cell dan dua unit genset. Argo mengatakan puluhan personel military solar cell dan 4 personel divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Polri dikirim untuk membantu mengoperasikan bantuan tersebut.

“Kemudian Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi Polri mengerahkan 24 unit solar cell, dua unit genset, 20 personel military solar cell kit, dan 4 personel Div TIK Polri,” tuturnya.

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), sebut Argo, diminta mengirimkan ratusan personel Brimob dan belasan tim medis hingga DVI ke sana. Selain itu, ambulans serta peralatan SAR, kata Argo, juga dikerahkan ke lokasi.

“Polda Sulawesi Selatan diperintah mengirimkan sejumlah bantuan, yakni 136 personel Brimob, 15 tim medis dan tim DVI. Bantuan kendaraan, ambulans, dan semua peralatan SAR juga dikerahkan,” ujarnya.

“Sementara itu, Polda Sulteng mengerahkan 30 personel Brimob dan beberapa orang tim medis guna membantu warga yang terdampak gempa,” lanjutnya.

Lebih lanjut Argo mengatakan bantuan didistribusikan hari ini melalui jalur darat dan udara. Nantinya, kata Argo, bantuan tersebut akan disebar ke titik-titik lokasi yang terdampak gempa.

“Bantuan mulai dikerahkan hari ini baik melalui jalur darat maupun jalur udara. Akan dikoordinasikan dengan Polda Sulbar yang mengetahui titik-titik mana saja yang terdampak gempa,” imbuhnya.

Seperti diketahui, gempa di Sulawesi Barat diinformasikan terjadi pada Jumat dini hari, sekitar pukul 01.28 WIB. Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Majene hingga Kabupaten Mamuju dan sekitarnya. BMKG menyatakan, pusat gempa berada di 6 kilometer timur laut Majene dengan pusat kedalaman 10 kilometer. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Sebelumnya pada Kamis (14/1) sekitar 13.35 WIB, Majene juga diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5,9.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here