Banjir Melanda 13 Desa, Tiga Kecamatan di Kotim

0
50

POSBUMI.COM, SAMPIT – Musibah anjir meluas di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini kian meluas. Bahkan 13 desa dari 3 kecamatan sudah terendam. Dengan ketinggian air yang bervariasi, masarakat berharap bantuan kepada pihak pemerintah.

” Hari ini, ada 13 desa yang terendam banjir. Beberapa di antaranya sudah ada yang masuk ke dalam rumah,” ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Yephi Hartadi, Minggu, 13 September 2020.

Ke-3 kecamatan tersebut yakni Kecamatan Antang Kalang, Kecamatan Mentaya Hulu, Kecamatan Telaga Antang.

Di Kecamatan Antang Kalang rumah yang terdampak banjir yakni di Desa Tumbang Kalang 30 kartu keluarga (KK), Desa Kuluk Telawang 20 KK, Desa Tumbang Maya 30 KK, desa Sei Hanya 30 KK. Sedangkan jumlah rumah yang terendam yakni Desa Tumbang Kalamh 96 KK, Desa Tumbang Ramei 15 KK, dan Desa Sei Puring 25 KK.

Di Kecamatan Mentaya Hulu, Jumlah rumah yang terdampak yakni di Kelurahan Kuala Kuayan 50 KK, Desa Bawan 20 KK, Desa Tangkaroba 40 KK. Adapun rumah yang terendam yakni di Kelurahan KualanKuayan 15 KK, Desa Bawan 5 KK, dan Desa Tangkarobah 10 KK.

Sedangkan Kecamatan Telaga Antang rumah yang terdampak yakni Desa Tumbang Sangai 60 KK, Desa Tukanh Langit 20 KK, Deaa Rantau Katang 30 KK, Desa Tumbang Kuwan 15 KK, Desa Tumbang Bajane 30 KK, dan Desa Tumbang Boloi 40 KK.

“Saat ini jumlah rumah yang terendam di kecamatan tersebut yakni Desa Tumbang Sangai 30 KK, Desa Rantau Katang 25 KK, Desa Tumbang Bajane 17 KK, dan Desa Tumbang Boloi 32 KK,” terang Yephi.

Sementara, ketinggian air sendiri bervariasi. Yakni ada yang 50 cm, hingga 1 meter lebih. Tergantung dataran di daerah mereka masing-masing. ( Sr.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here