Banjir Melanda Kota Lamandau

0
136

POSBUMI.COM, LAMANDAU – KALTENG –  Hujan deras dalam bebehari terahir ini membuat banjir besar di berbagai daerah di Kabupaten Lamandau. Bahkan luapan air sungai Lamandau telah menggenangi lebih dari separuh wilayah kota Nanga Bulik, Ibu Kota Kabupaten Lamandau.

“Lebih dari 50 persen wilayah Kota Nanga Bulik terendam banjir, dan lebih dari separuh masyarakatnya terkena dampak,” ungkap Lurah Nanga Bulik Tania Pingkan, Rabu (15/7/2020).

Banjir yang menggenangi Kota Nanga Bulik ini dalam kurun waktu empat hari terakhir disebabkan debet air sungai Lamandau terus meluap. Luapan terjadi seiring dengan kiriman air dari sejumlah hulu sungai dengan volume yang sangat besar ditambah lagi hujan lokal dengan intensitas tinggi yang terus mengguyur.

Sementara itu, berdasarkan rilis resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau per 5 Juli 2020 pukul 11.56 WIB, khusus untuk kecamatan Bulik telah ada 141 KK dengan jumlah 479 jiwa yang telah mengungsi akibat tempat tinggalnya terdampak banjir. 479 jiwa itu mengungsi di 17 tempat pengungsian yang telah dibuat.

Selain merendam ribuan rumah dan berbagai jenis bangunan fasilitas umum lainnya, banjir juga telah merendam sejumlah jalan protokol perkotaan serta jalan perkampungan. Karenanya, tak sedikit akses jalan yang terpaksa ditutup atau dialihkan serta dibuat rekayasa jalan menjadi satu jalur karena tidak bisa dilewati atau membahayakan pengguna jalan.

Beberapa akses jalan perkotaan yang dialihkan antara lain adalah jalan Batu Batanggui, Jalan menuju alun-alun kota, Jalan Kubau, Jalan Niaga, Jalan Cempaka, Jalan WR Supratman, Jalan Ahmad Yani. (Kar/ Sr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here