Berdayakan Warga Terdampak COVID-19, Pemdes Pegaden Tengah Realisasikan Padat Karya Tunai Desa

0
1095

POSBUMI.COM, PEKALONGAN-JATENG –
Pemerintah Desa Pegaden Tengah, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan menggelar kegaiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD), melalui pemeliharaan dan pembersihan jalan, Sabtu (09/04/2020). 

Kegiatan dihadiri oleh Babinsa, unsur BPD, ketua TP PKK, kades, RT dan RW.

Kepala Desa Pegaden Tengah Rofik, mengatakan kegiatan Padat Karya Tunai Desa ini merupakan program pemerintah untuk memberdayakan masyarakat Desa, yang sifatnya produktif.

“Kegiatan padat karya ini intinya memanfaatkan sumberdaya tenaga lokal yang ada dengan tujuan untuk menambah pendapatan warga yang terdampak COVID-19,” ujarnya.

Kata Rofik, PKTD yang dilakukan oleh Pemerintah Desa mengacu pada surat edaran Kemendes Nomor 8 tahun 2020 tentang Desa tanggap COVID-19 dan penugasan Padat Karya Tunai.

“Program Ini tidak lain untuk mitigasi ekonomi bagi masyarakat Desa yang terdampak COVID-19 dan ekonomi lemah atau hilang pendapatan,” jelasnya.

Kegiatan PKTD ini anggarannya diambil dari Dana Desa tahap 1 untuk kegiatan di 4 lokasi yaitu di RT 1,2,6 dan 7 dengan melibatkan semua warga Pegaden Tengah.

Masyarakat yang ikut program PKTD, mendapat upah berupa  uang tunai. “Setidaknya kediatan ini bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh warga, dengan pendapatan tersebut setidaknya dapat mengurangi beban pengeluaran sehari hari,” kata Rofik.

Lebih lanjut Rofik mengatakan, selain digunakan untuk kegiatan padat karya, anggaran  dari Dana Desa tahap 1 ini digunakan untuk pencegahan COVID-19.

Kegiatan padat Karya Tunai di Desa Pegaden Tengah difokuskan untuk pemeliharaan dan pembersihan semua jalan yang berada di desa dan dikerjakan secara bertahap.

( HEN )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here