Berdiri di Atas Saluran Air, 4 Bangunan Liar di Kopti Semanan Dibongkar

0
61

POSBUMI.COM, JAKARTA– Upaya normalisasi saluran air dan mencegah banjir saat di musim hujan, jajaran Kelurahan Semanan bersama Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat melakukan penertiban sebanyak 4 bangunan liar di RW 11 Perumahan Kopti, Rabu (4/11/2020).

Pasalnya, bangunan semi permanen para pengrajin tahu dan tempe itu menutupi saluran air sehingga menyebabkan sampah menumpuk dan sulit dibersihkan. Alhasil, ketika turun hujan air dari saluran meluap dan menggenangi jalan.

Pembongkaran ini melibatkan sebanyak 18 personel gabungan dari PPSU Kelurahan Semanan dan SDA Kecamatan Kalideres.

Pantauan dilokasi, pemilik rumah hanya bisa pasrah ketika tempat dapurnya bahkan ada dijadikan tempat toilet yang semi permanen ini diratakan untuk dialihfungsikan.

Lurah Semanan Bayu Fadayen Gantha, mengatakan, pembongkaran bangunan semi permanen ini berjalan lancar karena sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi dengan mengirimkan surat peringatan sebanyak tiga kali kepada warga yang bangunannya menyalahi aturan tersebut.

Menurut Bayu, rencananya ada sebanyak 74 bangunan yang akan dibongkar, sementara ini baru 4 bangunan dibongkar yang berada diatas saluran air sepanjang 800 meter dikawasan tersebut.

“Penertiban ini dalam rangka normalisasi saluran air yang berada di RW 11 perumahan Kopti,” katanya.

Kendati demikian, Bayu juga menghimbau kepada warga setelah dilakukan normalisasi jangan ada yang membangun kembali.

“Jika ada warga yang masih nekat membangun diatas saluran air, akan kami tertibkan,” tegas Bayu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here