Bupati-Wakil: Serdang Bedagai periode 2021-2024 yakni Maju Terus, Mandiri Sejahtera dan Religius

0
57

POSBUMI.COM, SERGAI – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Desa Pekan Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu sebagai “Desa Sadar Kerukunan” bertempat Aula BW Cafe Dusun V Pekan Sialang Buah, Selasa (30/03/2021).

Kakan Kemenag Sergai, H Zulkifli Sitorus, MA dalam arahannya menyampaikan program Desa Sadar Kerukunan ini bukan kegiatan seremonial, acara kaleng kaleng, ataupun acara ecek ecek. Namun memliki esensi bahwa Desa itu rukun beragama.

“Kami yakin, Desa Pekan Sialang Buah ditetapkan sebagai Desa Sadar Kerukunan sudah melalui penilaian yang teliti serta berdasarkan pertimbangan sebagaimana mestinya”, ujarnya.

Dijelaskan Zulkifli, Presiden Joko Widodo menetapkan kerukunan agama moderasi sebagai salahsatu skala prioritas. Dimana 7 program di RPJMN Presiden menetapkan salahsatunya kerukunan beragama.

Oleh karena itu, Kementerian Agama berkomitmen mewujudkan program tersebut sehingga dapat mendukung program nasional dan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai periode 2021-2024 yakni Maju Terus, Mandiri Sejahtera dan Religius.

“Oleh karenanya dengan Visi Religius ini insya Allah akan dibangun monumen moderasi umat beragama ditampung di APBD di komplek Masjid Agung dan sehingga dapat dijadikan sebagai objek wisata religi,”ungkapnya.

Ditambahkan Kakan Kemenag, kerukunan itu harus dijaga secara bersama, kalau sedikit saja terciderai maka akan berdampak luar biasa bagi kehidupan umat beragama.

Selama ini memang terjadi secara alamiah tapi mulai sekarang, akan dijalankan secara bersama dimana Kantor Kementerian Agama akan turun sebagai leading sektor di Desa ini untuk mencapai kerukunan beragama.

“Saya yakin, Desa Pekan Sialang Buah sudah kondusif, tokoh tokohnya terlihat sudah kompak dan bersama sama untuk menjaga kerukunan antar umat beragama disini”,tutup Zulkifli Sitorus.

Sebelumnya, Kepala Desa Pekan Sialang Buah Syahrial dalam sambutannya mengapresiasi peresmian Desa Pekan Sialang Buah yang dipilih sebagai Desa Sadar Kerukunan yang ke -13 di Kabupaten Serdang Bedagai. Ia pun mengajak seluruh masyarakat Pekan Sialang Buah dapat menjalin silaturahmi dan menjaga toleransi antara umat beragama.

“Dengan dilaksanakan Program Desa Sadar Kerukunan, kita berharap di Desa Pekan Sialang Buah tidak ada lagi kericuhan hingga tindakan anarkis antara umat beragama
khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai”ujar Kades.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan surat pernyataan bersama tokoh lintas agama Kecamatan Teluk Mengkudu, dialog umat beragama oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sergai serta deklarasi tolak intoleransi.

Kegiatan diwarnai penyerahan piagam penghargaan atas peran aktif dan dukungan Desa Pekan Sialang Buah oleh Kakan Kemenag Sergai Zulkifli Sitorus diwakili Kasubag TU Kemenag Sergai Yusuf Barus didampingi Kepala Kantor Urusan Agama (Ka.KUA) Teluk Mengkudu, Muhammad Leno, kepada Kepala Desa Pekan Sialang Buah, Syahrial beserta tokoh lintas agama, yang turut dihadiri Camat Teluk Mengkudu Romian Siagian didampingi Forkopincam plus Teluk Mengkudu. (J.76)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here