Diduga Dibekingi Oknum Pejabat, Armada Sampah Luar Daerah Leluasa Buang Sampah di Kota Tangerang

0
68

POSBUMI.COM, TANGERANG – Persoalan pembuangan sampah di Kota Tangerang hingga sampai saat ini menjadi polemik dan memicu adanya oknum yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan beberapa pelanggaran yang sudah ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) No. 3 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Sampah. Dalam Pasal 19 disebutkan bahwa setiap orang dilarang mendatangkan sampah dari luar Kota Tangerang

Sedangkan dalam Pasal 24 disebutkan bahwa setiap orang yang melakukan pelanggaran terhadap larangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 diancam dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp50 juta

Mengacu dari perda tersebut, saat ini banyak armada sampah dari luar Kota Tangerang dengan leluasa membuang sampah di TPU Rawa Kucing, Kota Tangerang.

Bahkan untuk melancarkan aksinya tersebut, tidak sedikit para pengusaha yang bergerak dalam pembuangan sampah dari luar Kota Tangerang memberikan berupa retribusi dengan uang yang jumlahnya tidak sedikit.

Aksi ‘kongkalingkong’ dengan oknum pejabat Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang dianggap sudah biasa. Hal tersebut terbukti ada oknum pejabat berinisial DD mengijinkan truk atau armada sampah dari luar Kota Tangerang dengan inisial J membuang sampah di TPU Rawa Kucing. Dengan kewajiban selama 3 (tiga) bulan membayar retribusi sebesar Rp. 1 juta rupiah per armada/perbulan, dengan hasil penjumlahan dari armada 19 unit dikali 3 bulan dan dikali 1 juta rupiah yang mempunyai total 57 juta rupiah.

Perbuatan tersebut jelas melanggar perda No. 3 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Sampah di Kota Tangerang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here