Diduga Rekayasa Data Oleh Pemdes Sewaka Soal Bansos

0
267

POSBUMI.COM,  PEMALANG-JATENG  – Pembagian Bantuan Sosial (Bansos ) bagi warga yang berdampak pandemi (COVID-19) di Desa Sewaka, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah.

Dikeluhkan oleh beberapa warga miskin yang tidak menerima bantuan tersebut. Pasalnya, Bansos berupa Bantuan Sosial Tunai/BST yang sebesar Rp.600 ribu/bulan selama tiga bulan kedepan yang dari Kementerian Sosial ( Kemensos ) tersebut justru yang menikmati oleh sebagian warga yang tergolong ekonomi menengah ke atas.

Taslimah (67), warga RT.01/07 Dusun Cengis Desa Sewaka mengatakan, dirinya tidak mendapatkan bantuan, padahal ia hanya seorang janda yang kehidupannya mengandalkan dari jualan krupuk keliling

“Kepada pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pusat untuk lebih teliti lagi dalam memberikan bantuan kepada warganya, Terlebih, saat pandemi Corona seperti saat ini usahanya hanya jualan krupuk keliling yang tersendat-sendat,” harap Taslimah, Rabu (13/05/2020) kepada awak media ke kantor balai Desa Sewaka.

Di temui oleh beberapa perangkat Desa, Raharjo CS selaku Kasi Pemerintahan Desa dan Sodikin selaku Kepala Dusun Cengis, mengatakan bahwa data atas nama Taslimah dan Nurohim sebetulnya sudah dapat BLT.

“Tapi kenapa di wawancari TV RCTI kenapa belum dapat. Kami dari Desa sudah susah payah kok, justru warga tidak menyampaikan apa yang sudah didapatkan,” ucap Raharjo dan Sodikin.

Menurut pengakuan Taslimah, saya yang kebetulan berikut tetangga saya, yang kerja nya hanya buruh, kalau saya sejak tahun lalu (2019) sudah dimintai KTP dan KK akan tetapi sampai sekarang hanya janji dan janji.

“Maka pada hari Senin (11/05) dari reporter stasiun TV RCTI menanyakan ya saya sampaikan apa adanya yang selama ini saya rasakan.  Untuk itu, saya sangat berharap kepada Presiden Jokowi supaya pembagian harus tau secara fisik, dan saya yang kesehariannya untuk biaya hidup hanya mengandalkan jual krupuk keliling,” ungkap Taslimah.

Kepala Dinas Badan Penanggulangan Daerah/BPBD Kabupaten Pemalang, Wahadi SE.MSi menyampaikan bahwa, saya atas perintah dari Bapak Bupati, mohon rekan-rekan di Media Center tolong ke Desa Sewaka temui warganya.

“Diminta data warganya agar nanti Bapak Bupati akan membantu melalui dana APBD,” jelas Wahadi.

( A`IDIN ST )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here