Diluncurkan Kapolda Metro Jaya, Pemkot Tangerang Siap Dukung Kampung Tangguh Jaya

0
201

POSBUMI.COM, KOTA TANGERANG – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, meluncurkan program Kampung Tangguh Jaya secara virtual yang diikuti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kasdam Jaya Brigjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, Selasa pagi 8 Desember 2020.

Sementara itu Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin bersama Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Sugeng Hariyanto, Dandim 0506 Kolonel Inf Bambang Hery Tugiono, Camat Pinang Kaonang dan Kapolsek Cipondoh AKP Maulana Mukarom mengikuti peluncuran Kampung Tangguh Jaya tersebut secara virtual di Sekretariat RW 03 Kelurahan Panunggangan Utara Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

Kampung Tangguh Jaya program kolaborasi antara masyarakat di wilayah, pemerintah daerah, TNI dan Polri. Secara menyeluruh warga di Kampung Tangguh Jaya membentengi diri dengan protokol kesehatan dan perilaku hidup bersih sehat guna mencegah penyebaran wabah covid’19.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, dalam sambutannya menegaskan Kampung Tangguh Jaya dari masyarakat untuk masyarakat dikerjakan bersama-sama.

“Kalau dikerjakan bersama-sama Insyaa Allah bisa diatasi. Tiga Pilar di kelurahan dapat merespon bila ada keluhan di warga mengenai covid’19. Kampung Tangguh Jaya berbasis RT/RW. Sistem ini dibangun untuk membantu masyarakat,” jelas Kapolda Metro Jaya.

Ditambahkannya, negara hadir untuk membuat masyarakat sehat. Dimulai dari lingkungan RT dan RW untuk membuat masyarakat sehat. “Tantangan kita adalah covid. Kita membantu pemerintah, kolaborasi kita ini akan penuh semangat,” ungkap Kapolda Metro Jaya.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah usai peluncuran Kampung Tangguh Jaya di RW 03 Panunggangan Utara Kecamatan Pinang menjelaskan Pemerintah Kota Tangerang siap mendukung program-program Kampung Tangguh Jaya yang diluncurkan Kapolda Metro Jaya.

“Didukung oleh Polres Metro Tangerang Kota, Kodim 0506 dan yang terpenting seluruh masyarakat. Dalam minggu-minggu ini terjadi kenaikan kasus covid di Kota Tangerang. Maka pemerintah Kota Tangerang juga rencananya hari ini (Selasa 8/12/20) membuka fasilitas isolasi di Hotel City, Pasar Baru, Karawaci,” jelas Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Ia berharap tempat isolasi itu besok, Rabu 9 Desember 2020 sudah bisa difungsikan. Hotel City disediakan oleh Pemkot Tangerang diperuntukkan bagi warga Kota Tangerang yang melakukan isolasi.

“Saya menghimbau kepada masyarakat ikuti arahan aparatur, mulai dari RT, RW, lurah, Babinsa, Babinkamtibmas semuanya bila ada yang terpapar segera lapor untuk melakukan isolasi di fasilitas pemerintah. Sehingga bisa tertangani dan tidak menularkan kepada yang lainnya,” ungkap Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Kapolres Metro Tangeranģ Kota Kombes Sugeng Hariyanto menjelaskan Kampung Tangguh Jaya di Kota Tangerang ditujukan untuk meminimalisir penyebaran covid’19. Kampung Tangguh Jaya untuk menyadarkan masyarakat tentang bahaya covid’19.

“Targetnya tentu dengan jumlah terkonfirmasi hari sebanyak 16, dalam satu atau dua minggu ke depan jumlahnya menurun. Syukur-syukur di akhir bulan ini di lingkungan RW 03 Panunggangan Utara ini sudah tidak ada terkonfirmasi,” jelas Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Sugeng Hariyanto.

Camat Pinang Kaonang mengungkapkan semenjak wabah covid menyebar sampai kini, di lingkungan RW 03 Panunggangan Utara telah terjadi sebanyak hampir 60 kasus. Untuk hari ini yang masih terkonfirmasi positif dan dirawat sebanyak 16 orang.

Diharapkan dengan diluncurkan Kampung Tangguh Jaya ada upaya bersama dengan sistemik sehingga mampu menekan tersebarnya wabah covid ’19 dengan masif. Diharapkan pula, sambung Kaonang dengan upaya Kampung Tangguh Jaya di RW 03 Panunggangan Utara menjadi zona hijau tidak ada yang terkonfirmasi positif covid’19.***

Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here