Ditengah Pandemi Covid-19, Jajaran Kodim 0913/PPU Terus Dampingi Kelompok Tani Di Wilayah Binaan Perkuat Ketahanan Pangan

0
42

POSBUMI.COM, PENAJAM – Upaya menjaga ketahanan pangan di wilayah jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0913/Penajam Paser Utara (PPU) terus dilakukan, sebagai langkah antisipasi terjadinya krisis pangan yang disebabkan oleh wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang melanda Indonesia bahkan dunia.

Ini yang dilakukan Babinsa Koramil 0913-03/Babulu Serda Slamet M aktif di wilayah Desa binaanya,dengan membantu tingkatkan Ketahanan Pangan (Hanpangan) di Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara melalui panen ubi rambat oleh petani, Kamis (15/10/2020).

Hal ini merupakan bagian dari upaya khusus pandampingan pertanian yang dilakukan oleh Babinsa dalam mendukung program pemerintah yakni mewujudkan ketahanan pangan.

Informasi yang diperoleh, sebagaimana instruksi dari Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan memerintahkan jajarannya untuk terus mengoptimalkan pendampingan kepada kelompok tani yang berada di wilayah binaan, hal tersebut dilakukan sebagai langkah menguatkan ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19.

Babinsa Serda Slamet M yang turut serta dalam penanaman dan memanen di lahan kelompok tani binaannya, dalam pendampingannya selaku Babinsa selalu bekerjasama dengan petugas penyuluh lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian Daerah Kabupaten PPU untuk melaksanakan penyuluhan kepada para petani tentang cara merawat dan mengatasi penyakit serta hama yang sering menyerang tanaman tersebut.

“Pendampingan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada petani agar tetap bersemangat dalam mengolah lahannya, dengan perawatan yang baik, tanaman ubi rambat ini nantinya akan tumbuh subur dan berbuah lebat dan tentunya dapat meningkatkan nilai penjualan dan menambah perekonomian petani,” ujar Babinsa.

Terpisah, Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan mengatakan, saat ini Kita tengah fokus dalam penguatan ketahanan pangan di seluruh wilayah jajaran Kodim 0913/PPU, dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada di wilayah binaan dan memberikan pendampingan kepada para petani dalam mengolah lahan pertanianya.

“Diharapakan, dengan adanya pendampingan Babinsa yang bekerjasama dengan petugas penyuluh pertanian, dapat membantu mengatasi kendala atau kesulitan yang dihadapi oleh para petani, sehingga dapat lebih mengoptimalkan hasil pertanian,” kata Dandim.

Lanjutnya, pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa ini merupakan salah satu wujud dalam mensukseskan swasembada pangan.

“Dan ini akan terus dilakukan di wilayah Koramil-Koramil jajaran Kodim 0913/PPU, dalam upaya menguatkan ketahanan pangan di tengah wabah Virus Corona saat ini,” tandasnya.(Kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here