DPRD Kotim Pertanyakan Izin PT. Surya Menyata Gemilang

0
79

POSBUMI.COM.SAMPIT – Komisi IV DPRD Kotim menilai, terminal khusus (Tersus) PT Surya Mentaya Gemilang yang berlokasi di Desa Cempaka Mulia Barat, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur tidak layak.

Aktivitas perusahaan ini informasinya sudah berlangsung selama 20 tahun. Itu berdasarkan hasil temuan Komisi IV DPRD Kotim yang dipimpin Dadang H Syamsu dan anggotanya Handoyo J Wibowo, Pardamean Gultom dan Nadir.

“Kalau memang itu ada izinnya, kita yakin penerbitan tersus itu tidak sesuai prosedur,” kata Dadang, Kamis, 30 Juli 2020.

Menurut Dadang, perusahaan itu tidak memiliki dermaga yang memadai, bahkan tampak di pinggir dermaganya hanya dipasang kayu log biasa.

Komisi IV tampak terkejut dengan kondisi tersebut, bahkan persoalan tersebut mereka akan membawanya ke Jakarta dan dalam rangka persiapan pembahasan rancangan peraturan daerah rencana detail tata ruang.

Saat ditanyakan soal perizinan pihak manajemen perusahaan di lapangan, Aulia, menjelaskannya: “Kalau soal izin maaf, kami tidak tahu. Kalau komisaris Pak Ansori dan Direktur Pak Guntur, kami ke sini disuruh setelah dihubungi Pak Guntur,” kata Aulia.

Aulia juga menjelaskan kegiatan Tersus tersebut bergerak dibidang bongkar muat CPO. Akan tetapi saat ke lapangan tidak ada bongkar kegiatan.

“Hari ini tidak ada kegiatan, beberapa waktu lalu saja bongkarnya sekitar 15 hari lalu,” tegasnya.

Komisi IV juga sempat bertanya dengan Aulia usaha pokok apa yang mereka kelola, dirinya mengakui tersus tidak ada usaha pokok dan itu dikomersilkan.

Bahkan saat legislator menanyakan pemimpin perusahaan di mana, diakui tidak ada ditempat dan sedang di luar kota.

Sementara itu Amat, koordinator lapangan perusahaan menyebutkan selama kegiatan berjalan lancar dan tidak ada masalah, bahkan diakuinya operasi mereka sudah berjalan 20 tahun.

“Saya hanya koordinator lapangan saja, dulu memang pernah ada yang tumpah CPO tapi setelah itu tidak ada lagi dan sudah bisa diselesaikan,” tegasnya.

(Sr/Kr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here