Dua Desa Di Kabupaten Simalungun Beredukatif Dan Study banding melalui Pengurus BumDes

0
43

POSBUMI.COM, SERGAI – Kades dan bersama pengurus BUMDes dan perangkat desa Wisata Tani Melatih II penyambutan kedatangan tamu dari Desa Buntu Turunan dan BUMDes kecamatan Hatonduhan kabupaten Simalungun dengan tetap mengutamakan Prokes Covid 19″ 3 M dan Jaga jarak serta memeriksa suhu tubuh dengan menggunakan alat pengukur suhu tubuh.

Dalam penyambutan tamu pemdes menurunkan: Perangkat desa, LKMD, BPD Direktur BUMDes MADANI desa wisata Tani Melatih II, Kepala desa Supardi yang didampingi oleh Babinsa dan Babinkamtibmas dan PLT kasi PMD kecamatan Perbaungan Muttaqin Syahputra, Pendampingan desa Kabupaten, desa dan lokal dan tidak ketinggalan hadir juga Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa ( PED) Tengku Pahrijal SE, bersiap untuk menyambut Tamu yang bertujuan untuk kegiatan Edukasi atau Study BUMDes ke desa wisata Tani Melatih II.

Kunjungan dari desa Buntu Turunan dan BUMDes Buntu ketua BUMDes Buntur Jaya, Sekdes Buntu Turunan beserta beberapa dari perangkat- perangkat desanya ke desa wisata Tani bertujuan untuk Study banding prihal BUMDes.

Kegiatan kunjungan Edukatif BUMDes Buntut Jaya dan Perangkat Desa Buntu Turunan Kecamatan Hatonduhan kabupaten Simalungun dijadwalkan di beberapa spot yang di desa Wisata Tani Melatih II. Rabu.(27/01/21) pukul 09.30 wib.

Pada pukul 10.00 wib kata sambutan dan paparan BUMDes MADANI dari Kepala desa dan Direktur BUMDes MADANI Desa Wisata Tani Melatih II, dilanjut ke Diskusi dan Tanya jawab serta Penyerahan Cendramata serta Berphoto bersama.

Pada pukul 13.30 wib mengunjungi ke spot Palungguhan To Joyo, kunjungan ke spot Jeruk petik sendiri berlanjut ke spot Gulah Merah Kelapa Sawit dan terakhir mengunjungi ke spot Peras Susu Kambing Etawa dan sekaligus dalam kunjungan terakhir mengakhiri kunjungan Edukasi BUMDes dari Desa Buntur Jaya dan seluruh perangkat desanya di Desa Wisata Tani Melatih II kecamatan Perbaungan kabupaten Serdang Bedagai.

Paparan Kades Melati II Bapak Supardi menjelaskan” Parkir, makan minum, menikmati segala fasilitas ini akan bawa duit berarti ini yang cepat, kita upayakan tapi kita tidak punya gunung bukit laut danau kita masih punya kemauan.

Alhamdulillah dari tahun 2018 berkat binaan semua dari pendampingan Kabupaten, kecamatan dan lokal dan PMD serta semua stakeholder yang mempunyai pemangku kepentingan Bapak ibu dari saudara kami.

Dari 2018 termasuk 19 Desa kami berubah menjadi desa wisata dan status Desa sudah sampai ke tingkat pusat karena merubah status Desa tidak hanya di Kabupaten saja.

Wisata tani itu harus mengatur regulasi Alhamdulillah perbup sudah dikeluarkan di tahun 2018 merubah status Desa hingga akhirnya menjadi desa wisata Tani, dengan tujuan untuk peningkatan ekonomi lokal masyarakat desa melati II.

Tentunya berlandaskan kepada undang-undang nomor 6 PP nomor 43 tahun 2014″ setiap desa di seluruh Indonesia harus memiliki badan usaha milik desa, direktur bumdes hadir karena memang kami di sini sebenarnya ada 16 kelompok tani.

I kelompok adalah kelompok wanita Tani yang di bina langsung oleh Kabid Pariwisata Sergai Intan dengan nama pokdarwis.

Kehidupan kita normal-normal saja usaha kita berjalan dengan lancar namun masuk tahun 2020 sampai sekarang 2021 terjadilah bencana di Indonesia khususnya umumnya di buminya Allah ini di dunia yang disebut covid-19 nah disinilah dinamika yang terjadi hingga akhirnya semua kegiatan bumdes” jelas kades dalam paparannya di kegiatan Kunjungan Edukasi dari desa Buntu Turunan dan BUMDesnya ke desa wisata Tani melati II.

Direktur BUMDes MADANI Wisata Tani Melatih II Mhd. Saprizal dalam paparannya mengatakan”

Pada pukul 13.30 wib Rombongan Edukasi BUMDes tersebut meninjau 4 Spot diantara: Palungguhan To Joyo, Jeruk petik sendiri, Pembuatan Gula merah dari Nira kelapa sawit dan titik terakhir kunjungan ke Peras Susu Kambing Etawa. Rombongan Edukasi dari Nagori Buntu Turunan Kecamatan Hatonduhan kabupaten Simalungun mengakhiri kunjungan mereka dengan berpoto bersama.( J.76)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here