FAKTA : Pendidikan Swasta Wajib Berikan Kelayakan Bagi Para Pegawainya

0
59

POSBUMI.COM.KOTA TANGERANG – Forum aktivis tangerang raya (FAKTA) mengatakan, sebagai yayasan yang bergerak dibidang pendidikan swasta untuk mengkaji ulang dan melaksanakan serta memberikan hak lainnya kepada pegawai yang bekerja di lingkungan Yayasan Islam syekh yusuf tangerang (UNIS) UU Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003 .

“Pendidikan swasta harus dapat memberikan perlindungan hukum kepada semua pegawai yang berada dilingkungan Universitas dan arus arus dalam pasal 5 UU no. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan yaitu setiap tenaga kerja berhak mendapat kesempatan yang sama tanpa maskapai untuk mendapatkan pekerjaan serta pasal 6 setiap pekerja berhak mendapat perlakuan yang sama, “kata Koordinator FAKTA Tiba Yuda Laksana, dalam orasinya di Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, pada Selasa (25/08/2020).

Ia juga menyampaikan, secara umum yayasan bersifat sosial, namun bersifat komersil dalam menjalankan praktiknya. “Bukan berarti melenyapkan sebuah kewajiban badan hukum karena dalam sebuah badan hukum memiliki yang sama yaitu memiliki kewajiban terhadap pihak eksternal dan internal,” tegasnya.

Tiba menjelaskan, dalam PHK maupun pensiun pegawai tetap yayasan salah satu pekerja efektif sebagai suatu profesi pada badan hukum yayasan yang wajib dilindungi sesuai dengan dasar hukum pasal 185 ayat 1 JO Pasal 90 ayat 1,

Pasal 167 ayat 5, pasal 156 ayat 3 dan 4 UU Ketenagakerjaan.

“Dan yayasan selaku badan hukum dimana pasti terhadap pengelola tetap. Untuk itu bila rutin pekerja yang diberi upah yang tetap, maka yayasan selaku pemberi kerja memiliki tanggung jawab terhadap hak-hak normatifnya berdasarkan hukum tenaga kerja yang berlaku,” tutupnya.

(NK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here