Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Menunjuk Whisnu Sakti Buana Untuk Menjadi Plt walikota Surabaya

0
53

POSBUMI.COM, SURABAYA JATIM – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini resmi dilantik sebagai Mensos oleh Presiden Joko Widodo. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa telah mengeluarkan surat tugas kepada Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana untuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya.

Kepastian itu disampaikan langsung Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Jatim, Jempin Marbun. Jempin mengungkapkan pada Rabu (23/12) malam, Gubernur Khofifah telah menerima surat dari Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik.

Dalam surat itu disebutkan, kepala daerah dilarang merangkap jabatan. Aturan tersebut sesuai dengan Pasal 78 Ayat 2 huruf g UU Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah.

“Kemudian (Kemendagri) meminta pada gubernur untuk membuat surat perintah tugas pada wakil wali kota sebagai Plt (pelaksana tugas). Dengan tujuan untuk menjalankan roda pemerintahan di Surabaya,” ujar Jempin saat dikonfirmasi, Kamis (24/12/2020).

Dengan keluarnya surat keputusan dari Gubernur Khofifah, lanjut Jempin, maka mulai hari ini, Whisnu Sakti Buana resmi menjabat sebagai Plt Wali Kota Surabaya.

Namun, jabatan Plt Wali Kota Surabaya tidak perlu ada pelantikan. Pelantikan dilakukan jika sudah ada surat keputusan pemberhentian dan pengangkatan dari Kemendagri.

“Kemendagri telah meminta DPRD Kota Surabaya untuk mempersiapkan agenda sidang paripurna terkait proses pemberhentian Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini,” pungkas Jempin.(DNI/Dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here