Gubernur Sumsel Mengucurkan Dana APBD Demi Pemerataan Daerah

0
70

POSBUMI.COM, PALEMBANG –  Sumatra Selatan kembali berbenah untuk menjadi Provinsi yang maju dengan berlandaskan asas pemerataan.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru lagi – lagi menggelontorkan dana hingga puluhan miliar ke Kabupaten Musi Rawas. Hal itu guna keperluan pembangunan infrastruktur.

“Saya sengaja datang berangkat dari niatnya untuk dapat melihat secara langsung draf pembangunan yang berjalan di Sumsel salah satunya Kabupaten Musi Rawas,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (31/8/2020).

Hal tersebut disampaikan saat pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan tahun 2020 di Lapangan SD Negeri Transad, Desa Yudha Karya, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Musi Rawas kemarin.

HD mengatakan meskipun termasuk sebagai kabupaten tertua di Sumsel dan pemekaran, Kabupaten Musi Rawan bukan merupakan kabupaten yang tertinggal. Menurut HD, untuk lepas dari sebuah predikat tertinggal merupakan hal yang tak mudah. Selain syarat administrasi, diperlukan syarat-syarat pembangunan yang nantinya dinilai oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

“Sekarang Musi Rawas lepas dari Kabupaten yang tertinggal. Dengan upaya pak Bupati saat ini ada Desa yang tertinggal menjadi berkembang kemudian yang berkembang menjadi maju, hanya tinggal enam. Insya Allah yang enam itu tahun ini itu kita hapuskan menjadi yang tertinggal,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, HD juga menyampaikan rasa bangga kepada Bupati Musi Rawas yang tetap semangat demi kemajuan daerah meski dihadapkan dengan pandemi COVID-19.

“Saya bangga kepada Musi Rawas dibawah kepemimpinan pak Bupati Hendra meskipun di masa pandemi COVID-19 ini terus berjalan maju melangkah untuk membangun,” katanya.

Adapun kunjungannya kali ini untuk melihat langsung kondisi secara langsung.

“Meski pandemi COVID-19 kita tidak boleh berhenti namun kita tetap maju. Jangan nanti anak-anak cucu kita marah karena kita tidak membangun dengan alasan Corona,” ungkapnya.

“Tahun ini saya memberikan Rp 81 miliar untuk membangun daerah ini. Cukup itu belum, karena belum sesuai dengan apa kebaikan yang diberikan oleh rakyat atas kepatuhan selama ini. Saya ingin usulan-usulan seperti ini terus pak bupati cari,” imbuhnya.

Dalam program kali ini, HD meminta agar pembangunan infrastruktur dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Saya ingin dari Musi Rawas ke Palembang bisa ditempuh dengan waktu tiga jam setengah. Hal ini tidak lain untuk memperdekat jarak dan otomatis mempermurah ongkos serta percepatan ekonomi. Secara bertahap saya minta 2021 harus tuntas,” ujarnya.

Di sisi lain, Bupati Kabupaten Musi Rawas Hendra Gunawan mengucapkan terima kasih kepada HD yang sudah hadir di tengah masyarakat Musi Rawas dan memberikan bantuan pembangunan jalan meski di tengah kesibukan dan jadwal yang padat.

“Tadi Rp 81 miliar masuk ke Kabupaten Musi Rawas. Ini pertama kalinya Gubernur mengucurkan biaya sekian besar untuk membangun kabupaten-kabupaten yang ada di Sumsel. Karena apa? Karena visi beliau untuk mewujudkan Sumsel Maju untuk Semua,” katanya.

Menurutnya, visi misi yang dilakukan oleh HD sama seperti yang dilakukan pemerintah di Kabupaten Musi Rawas, yakni untuk memajukan kabupaten.

“Ini sama apa yang kita lakukan selama ini. Kita bangun 186 desa. Alhamdulillah ada enam desa lagi yang tertinggal apabila ini kita genjot jalan ini dari simpang Semabang sampai ke PALI maka enam desa yang dilalui juga lepas dari desa tertinggal,” pungkasnya.

Sebagai informasi, melalui APBD Provinsi bantuan yang diberikan kepada Kabupaten Musi Rawas sebanyak Rp 81 Miliar lebih yang mencangkup peningkatan jalan batas Kabupaten PALI – Sp. Semabang, pembangunan infrastruktur Kabupaten Musi Rawas, dan dana bantuan khusus Gubernur untuk pembangunan infrastruktur Kabupaten Musi Rawas.(ANDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here