Gunung Semeru Meletus Dini Hari,Warga Sekitar Menggungsi

0
156

POSBUMI.COM, LUMAJANG JATIM – Gunung Semeru meletus dini hari tadi sekitar pukul 03.10 WIB. Hujan debu pun mengarah ke pemukiman warga.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan abu vulkanik mengarah ke arah timur tenggara. Yakni di daerah Candi Puro Lumajang.

“Terdampak angin yang mengarah ke masyarakat terkait dengan abu vulkaniknya. Angin mengarah ke timur tenggara daerah Candi Puro,” kata Thoriq saat dihubungi awak media di Surabaya, Selasa (1/12/2020).

Thoriq mengatakan hujan debu ini juga menutupi atap warga hingga ketebalannya mencapai 3 cm. Warga pun akhirnya memilih untuk mengungsi.

“Bahkan tadi disampaikan warga sampai 3 cm rumahnya ketebalan debu vulkaniknya,” imbuhnya.

Warga yang mengungsi ini, lanjut Thoriq dari empat desa di dua kecamatan yakni Desa Supiturang, Desa Oro-oro Ombo dan Rowobaung di Kecamatan Pronojiwo, serta Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipurodari. Mereka mengungsi sekitar pukul 03.00 dini hari.

“Jam 3 pagi sudah ada di pos pantau dan beberapa tempat yang hari ini kita dirikan di lapangan sekaligus peralatan lengkapnya termasuk kondisi persiapan makanan,” pungkasnya.
(Dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here