Hingga Kini Status Gunung Semeru Masih Waspada

0
70

POSBUMI.COM, LUMAJANG JATIM – Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur mengeluarkan guguran awan panas sejauh 4,5 km kemarin. Hingga kini, status Gunung Semeru masih waspada.

Dari data pos pengamatan Gunung Semeru periode 17 Januari 2021 pukul 00.00-06.00 WIB, Gunung Semeru mengalami letusan 8 kali, guguran satu kali, hembusan 7 kali dan tremor harmonic 5 kali. .

“Aktivitas Gunung Semeru masih kondusif pasca terjadi awan panas guguran pada Sabtu kemarin. Status Gunung Semeru masih waspada level II,” ujar Kepala Pos pengamatan Gunung Api Semeru Liswanto kepada detikcom, Minggu (17/01/2021).

Petugas mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas dalam radius 1 km dan di wilayah sejauh 4 km di sektor lereng selatan-tenggara. Area itu merupakan wilayah bukaan kawah aktif gunung Semeru.

Selain itu masyarakat diminta mewaspadai guguran awan panas, guguran lava dan lahar di sepanjang sungai yang berhulu di puncak Gunung Semeru.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang bermukim di sekitar DAS yang berhulu dari Gunung Semeru untuk meningkatkan kewaspadaan yang tinggi karena potensi awan panas bisa terjadi sewaktu-waktu,” pungkas Liswanto.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Semeru meluncurkan awan panas kurang-lebih 4,5 km pada Sabtu (16/1/2021) pada pukul 17.24 WIB. Menurut laporan pengamatan visual, terlihat asap meluncur ke arah tenggara yang diduga dari dari kawah Jonggring Kaloko berwarna kelabu pekat dalam volume yang besar.

Sedangkan hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke utara, mengikuti arah angin. Peristiwa tersebut dikonfirmasi oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq bahwa perkiraan awal lokasi tersebut berada di daerah sekitar Desa Sumber Mujur dan Desa Curah Koboan.(Dni/Dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here