Jelang Natal dan Tahun Baru Wabup Sergai Tinjau Pasar Tradisional

0
36

POSBUMI.COM, SERGAI – Mendekati perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Darma Wijaya melakukan peninjauan harga bahan pangan di Pasar Rakyat Sei Rampah dan Pasar Tradisional Pekan Tanjung Beringin, Rabu (23/12/2020).

Sembari membagi-bagikan masker kepada pedagang dan pengunjung pasar, Darma Wijaya menyampaikan tinjauan ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Sergai kepada masyarakat dalam upaya untuk menstabilkan harga bahan pangan di momen Natal dan Tahun Baru yang sebentar lagi datang.

“ Dari hasil tinjauan yang kami lakukan dapat disimpulkan bahwa menjelang Natal dan Tahun Baru, ketersediaan bahan pangan terbilang cukup dan harga secara umum juga stabil sehingga masyarakat tidak perlu merasa khawatir akan kecukupan bahan pangan dan kenaikan harga di pasar pada akhir tahun ini,” sebutnya.

Wabup merinci, dari hasil survei yang pihaknya lakukan terhadap harga bahan pangan di beberapa pasar, tidak ditemukan lonjakan harga yang drastis. Hal ini terlihat dari harga beberapa komoditas per kilogram seperti harga beras medium yang berada di kisaran Rp 11.000, gula putih Rp 12.000, tepung terigu Rp 7.500 dan minyak goreng curah Rp 11.500. Selanjutnya, harga daging sapi di kisaran Rp 115.000-120.000, daging kambing Rp 70.000-85.000, bawang merah dan bawang putih sama-sama dihargai Rp 28.000.

Namun menurut Darma Wijaya, beberapa kebutuhan pokok ada yang mengalami kenaikan di antaranya daging ayam ras per kg menjadi Rp. 29.000, telur ayam rata-rata Rp 1.600 per butir, cabai merah Rp. 55.000 dan cabai rawit Rp. 60.000.

“ Menurut keterangan para pedagang, kenaikan sejumlah produk pangan ini disebabkan cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini, sehingga mengakibatkan biaya operasional jadi lebih besar,” jelasnya.

Wabup H. Darma Wijaya berharap kepada OPD terkait agar terus memantau kondisi pasar yang ada di Sergai terutama menjelang Natal dan Tahun Baru, sehingga bahan pangan tetap terjaga stoknya dan dengan harga relatif stabil.

Di kesempatan yang sama, tak lupa Wabup mengingatkan dan memotivasi para pedagang agar selalu menjaga kebersihan di areal masing masing sehingga pasar tetap terjaga kebersihannya.

“ Kita juga perlu mengingat, saat ini pandemi Covid-19 masih belum berakhir sehingga seluruh pihak jangan sampai kendor dalam menjalankan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (Mencuci Tangan, Memakai masker dan Menjaga Jarak), terutama di areal pasar sebagai salah satu fasilitas publik,” pungkasnya.

Kegiatan tinjau pasar ini juga diikuti oleh Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, MM, Kepala BPS Sergai Herman, SE, M.Si, para Kepala OPD, mewakili Bulog, mewakili Polres Sergai, Camat Sei Rampah, dan Camat Tanjung Beringin. (jrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here