Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Cihawuk Lakukan Langkah Nyata Antisipasi Pencegahan Covid-19

0
1772

 

POSBUMI.COM, Bandung— Kepala Desa Cihawuk , Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung (yaya Daros) sebelum melakukan penyemprotan berorasi terlebih dahulu memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai antisipasi dan pencegahan virus corona atau Covid-19 di depan balai desa .

Dalam melakukan aksinya, Senin (30/3/2020) pagi. Kepala Desa, Yaya Daros didampingi Babinsa Bhabinkamtibmas ormas Pemuda Panycasila dan Karang Taruna desa, turut serta juga dari masyarakat.

Saat ditemui awak media posbumi.com di halaman balai desa , Kepala Desa Cihawuk Kecamatan kertasari kabupaten bandung mengatakan bahwa dalam melakukan Sosial Distancing terkait Covid-19 ini, kami menggunakan mobil pikup dan pengeras suara beriring-iringan untuk melakukan penyemprotan.

“Kami akan turun langsung bersama Bhabinsa, Bhabinkamtibmas,RT/Rw dan PP Deskes serta perangkat Desa untuk melakukan penyemprotan guna mengantisipasi menyebarnya virus Corona ( covid 19 ),” kata Kades.

Kades menambahkan, Walaupun di desanya belum ada yang positif terkena virus corona, pihaknya tidak mau menunggu dan terus bergerak cepat guna mengantisipasi dan mencegah mewabahnya Virus ini, semua itu dilakukan karena tak ingin warganya terpapar akibat keterlambatan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi Virus Corona yang sangat mematikan ini.

Tapi, semua upaya yang kami lakukan dan yang akan kami lakukan tidak akan berarti jika hal ini tidak dibantu oleh masyarakat itu sendiri, masyarakat harus meningkatkan kesadaran dan mengikuti arahan Pemerintah Daerah dalam penanganannya.

Oleh sebab itu, dirinya meminta kepada Masyarakat Desa cihawuk untuk mematuhi surat edaran yang telah dikeluarkan

”Jangan sampai kebijakan untuk melindungi masyarakat disikapi salah. Anak yang belajar di rumah malah ke luar bermain-main, itu tidak boleh, termasuk kerumunan ditiadakan dulu, ini hanya sementara,” ujarnya

menyampaikan di acara kegiatan itu kepada awak media posbumi.com mengatakan untuk itu, Guna mencegah terjangkitnya virus tersebut, saya mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan, Implementasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Cuci Tangan Pake Sabun (CTPS), konsumsi gizi seimbang, rajin olahraga serta cukup istirahat.

“Tak hanya itu, madagaskar juga bisa menerapkan Etika Batuk, misalnya menggunakan masker, tutup mulut dan hidung ketika batuk, tutup mulut dan hidung dengan tisu, buang tisu ke tempat sampah dan mencuci tangan dengan air mengalir juga sabun,” jelasnya yaya daros

Selanjutnya, kades juga berharap peran masarakat untuk melaporkan ke Pemerintah Desa apabila ada keluarga yang baru datang dari luar daerah, apalagi baru datang dari wilayah yang terjangkit virus corona.

“Ini semua kami lakukan guna mengantisipasi dan mencegah agar masyarakat kecamatan kertasari , terkhusus masyarakat Desa cihawuk terlindungi dari Virus Corona ini.” pungkasnya.

Hasil pantauan Media, setelah melakukan orasi. Kepala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, ormas PP karangtaruna , dan Perangkat Desa cihawuk. Melakukan Desinfektan ke beberapa pasilitas umum, diantaranya, Kantor Desa, Paud, SD, Masjid puskesmas dan rumah rumah warga di setiap kampung yang di jadikan target utama..(Dani k)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here