Kaonang Siapkan Tujuh Jurus Pemulihan Ekonomi Kecamatan Pinang di Tengah Wabah Covid-19

0
49

POSBUMI.COM, KOTA TANGERANG – Pemulihan ekonomi di tengah wabah covid ’19, menjadi fokus Camat Pinang, Kaonang bersama jajaran di bawahnya. Untuk pemulihan ekonomi itu, Kaonang menggelar rapat evaluasi yang diikuti para Kasi Kecamatan Pinang dan lurah sekecamatan Pinang, memaparkan tujuh jurus yang akan digerakkan bersama jajarannya, Rabu 1 Juli 2020 di aula kantor Kecamatan Pinang.

Tujuh jurus pemulihan ekonomi wilayah Kecamatan Pinang di tengah pandemi covid ’19, pertama penguatan UMKM. Dibutuhkan akurasi data UMKM dan pendalaman masalah agar bisa menciptakan peluang kerja baru (biasanya masalah pemasaran, sumber daya manusia dan modal), maka perlu ada upaya membantu memasarkan produknya

Kedua, menyalurkan bantuan dampak covid ’19 serta terus memantau orang terdampak yang sangat membutuhkan bantuan namun belum turun bantuannya. Pihak Kecamatan Pinang segera mengambil tindakan di lapangan agar jangan sampai ada masyarakat Pinang kekurangan pangan lantaran tak ada yang untuk dimasak atau lepas dari pantauan. Memonitoring lumbung pangan yang ada di tingkat RW.

Ketiga, membiasakan masyarakat disiplin terhadap protokol kesehatan covid ’19. Maka itu pihak Kecamatan Pinang senantiasa melakukan monitoring mal, rumah makan, posyandu, rumah ibadah untuk terus melaksanakan protokol kesehatan covid ’19. Memberikan edukasi kepada pedagang kecil untuk selalu menggunakan masker dan face shield. Bila ada penambahan pasien covid ’19 segera melakukan tindakan bersama di wilayah tersebut. Penegakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) terus gencar dilaksanakan tiap hari.

Keempat, menguatkan ketahanan pangan di lokasi kampung tematik. Kepada para lurah diminta untuk menguatkan kelompok wanita tani (KWT) masing-masing wilayah. Mendoromg masyarakat untuk menanam tanaman produktif dan perikanan di lingkungannya. Kampung tematik tidak hanya target bersih, rapih, hijau namun juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hasil produksi pertanian maupun perikanan kampung tematik bisa dijual di halaman kantor Kecamatan Pinang dengan program Bazaar Jumat Pinang Beres.

Kelima, mengenai pendidikan, dilakukan pendataan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) di wilayah Kecamatan Pinang bekerja sama dengan Korwil PKBM Kecamatan Pinang. Pendataan anak putus sekolah atau usia produktif yang belum mempunyai ijazah SMA sederajat dan melakukan konsolidasi dengan PKBM Kecamatan Pinang. Memonitoring wilayah aktivitas pendidikan formal maupun non formal dalam PSBB.

Keenam, dalam pekerjaan yang bersumber dari anggaran persiapan belanja negara (APBN) memprioritaskan tenaga pekerja harus warga Kota Tangerang. Pekerjaan ini harus segera dilaksanakan agar di masyarakat ada perputaran ekonomi.

Terakhir ketujuh, mengajak para Kasi Kecamatan Pinang serta lurah untuk berqurban di Hari Raya Idul Adha kemudian daging hewan qurban tersebut dibagikan kepada warga yang benar-benar terdampak.

“Sesuai arahan pak Walikota Tangerang, berhadapan dengan pandemi covid ’19, kami terus berupaya maksimal memulihkan kehidupan sosial ekonomi masyarakat tapi juga harus bisa menghentikan penyebaran covid ’19. Kunci keberhasilan ini yakni gotong royong, semua masyarakat turut berperan,” pungkas Camat Pinang, Kaonang.***

• Ateng San | Ahmad Fadhil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here