Karang Taruna Kecamatan Pinang Diminta Wujudkan KSM di Tiap Kelurahan

0
103

POSBUMI.COM, KOTA TANGERANG – Pemuda harus progresif revolusioner. Kita harus punya semangat menghadapi tantangan jaman. Sangat bangga terhadap anak muda yang peduli kepada pembangunan lingkungan.

Camat Pinang Kaonang menegaskan hal itu dalam diskusi kecil bersama Karang Taruna Kecamatan Pinang Kota Tangerang yang digelar Karang Taruna Kunciran Jaya, Rabu petang 16 Desember 2020.

Hadir dalam kesempatan itu motivator kampung tematik Bambang Irianto “Glintung”, Lurah Kunciran Jaya Mulyadi, Kasi Kemas Kecamatan Pinang Henry Candra Kirana Putera dan Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kecamatan Pinang Mumu Rohimu.

Dikatakan Kaonang, dalam membangun lingkungan, para pemuda harus punya semangat kuat dan kompak. Pemuda harus mampu mandiri dalam membangun lingkungan sehingga akan terwujud kampung sejahtera mandiri (KSM).

“Saya harap minimal di tiap wilayah kelurahan lahir kampung sejahtera mandiri yang dikelola karang taruna bersama warga,” kata Camat Pinang Kaonang.

Sementara itu motivator kampung tematik Bambang Glintung menjelaskan, membangun kampung tematik bukan hanya kelompok wanita tani (KWT). Tapi juga harus menggali potensi lingkungan yang ada.

“Membangun lingkungan harus dimulai dari diri sendiri dengan melatih karakter dan mental. Sekarang ini era kolaborasi yang memunculkan inovasi diiringi semangat tinggi,” tegas Bambang dalam safari KSM ke wilayah Kecamatan Pinang.

Dikatakan Bambang, membangun kampung harus bisa mengasilkan materi. Manusia bergerak harus ada insentif atau hasil.

“Selama saya berkeliling Kota Tangerang, baru kali ini bapak camat dan lurah berkumpul diskusi bareng karang taruna,” ungkap pria peraih penghargaan Kalpataru ini.

Diungkapkan leboh lanjut oleh Bambang, jika kampung ini sudah bergerak menghasilkan, maka itu sudah menjadi kampung sejahtera mandiri (KSM). Bambang memberi batas waktu dalam waktu empat bulan ke depan kampung yang dikelola Karang Taruna Kunciran Jaya harus sudah ada bentuk yang bernilai ekonomi.

Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kecamatan Pinang, Mumu Rohimu mengatakan pihaknya bersama rekan Karang Taruna sewilayah Kecamatan Pinang akan berupaya maksimal untuk mewujudkan kampung sejahtera mandiri di tiap kelurahan di Kecamatan Pinang.

“Kami akan terus bekerja dan berusaha untuk mewujudkan kampung sejahtera mandiri di tiap kelurahan sewilayah Kecamatan Pinang. Tentunya untuk mewujudkan itu diperlukan kebersamaan semua karang taruna. Insyaa Allah kami bisa,” ujar Mumu Rohimu yang akrab disapa Jaro Mumu.***

Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here