Kasus Covid-19 Melonjak, Bupati Kotim Akan Hentikan Sementara Rute Penerbangan Surabaya Sampit 

0
72

POSBUMI.COM, SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Supian Hadi akan berkoordinasi dengan pihak Bandara H Asan untuk meniadakan penerbangan dari Surabaya dan Semarang. Tepatnya, usai Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah mendatang.

“Rencana ini akan kami koordinasikan dulu denga bandara, kalau memang bisa itu akan kami terapkan untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19,” kata Supian Hadi, Minggu, 19 Juli 2020.

Dia menjelaskan, rencana tersebut bukan berarti melarang orang untuk datang ke Kotim. Tetapi memang, arus mudik dari Sampit ke Surabaya atau Semarang mengalami peningkatan.

Pasalnya, banyak warga yang tidak bisa mudik karena pandemi Covid-19 saat Idul Fitri lalu. Dia pun khawatir akan ada peningkatan arus balik pasca Idul Adha nantinya dari Jawa, terutama kawasan zona hitam atau zona merah.

Kalau sampai itu terjadi, maka ada potensi lonjakan kasus Covid-19 di Kotim. Meskipun begitu, tentunya semua pihak berharap agar hal tersebut tidak terjadi.

“Dari pengalaman beberapa tahun terakhir, yang awalnya mudik hanya 1 dua 2 orang, namun saat kembali ke Kotim malah membawa sanak keluarganya. Itu yang perlu diantisipasi,” terang Supian.

Hal tersebut tidak hanya berlaku terhadap bandara saja. Namun juga di Pelabuhan Sampit, yang juga melayani penumpang. Tetapi, itu baru rencana dan masih harus dikoordinasikan kepada pihak terkait. (Kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here