Kebakaran Lahan Desa Talang Jerinjing Berasal dari Kelompok Tani Masyarakat di Luar HGU PT. Alamsari Lestari 

0
68

POSBUMI.COM, RIAU – Menanggapi atas terjadinya kebakaran lahan di wilayah Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Inhu. Bahwa kebakaran lahan tersebut berasal dari lahan kelompok tani Sayuti yang berada di luar HGU PT Alamsari Lestari.

Atas kebakaran tersebut api dapat dikuasai dengan menerjunkan sejumlah petugas pemadam kebakaran porsenil kepolisian, petugas Manggala Agni Daops Rengat, TNI dan BPBD INHU, dan dibantu oleh personil damkar dari PT. SSR. Mereka berjibaku memadamkan api yang sengaja dibakar oleh kelompok tani Sayuti untuk pembukaan lahan.

“Laporan tanggal 17 Februari 2021 pada pukul 14.30 telah terpantau terjadi di lahan Masyarakat di luar HGU ASL dilaporkan oleh Pam Suwakarsa. Api berasal dari kelompok tani Sayuti, ” ujar Hary Poetranto Direktur Utama Devisi Sawit. Rabu (24/2/2021)

Atas kejadian itu petugas pemadam berkordinasi dengan Polsek, Babinkamtibmas tim damkar ASL serta unsur lain yang membantu melakukan pemadaman api, dalam waktu satu hari api dapat dikuwasai. Untuk pemadaman api tim pemadam ASL di bantu aparat gabungan menurunkan 35 orang yang dilengkapi dengan 7 mesin robin  dan selang pemadam Api.

“Tanggal 18 kondisi api dapat dikuasai. Dari pihak kita (ASL) pada 26 Januari 2021 sudah memperingatkan secara tertulis untuk tidak melakukan kegiatan di areal HGU PT Alamsari Lestari, ” Tegasnya.

Untuk mencegah terjadinya bunga bunga api. Tim pemadam masih tetap menyiagakan dari 35 orang tim beserta 7 perlengkapanya, di bantu petugas Polsek, Babinkamtibmas, Koramil BPBD dan tim pemadam ASL masih terus bersiaga dilokasi.

Untuk melakukan langkah pencegahan yang lebih meluas dari PT Alamsari Lestari menurunkan Alat berat dan membuat kantong-kantong air di lokasi kebakaran.

“Untuk langkah kedepan isolasi kita gunakan alat berat untuk membuat lubang kantong-kantong air di lokasi kebakaran, ” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here