Lambatnya Penanganan Limbah Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Warga Minta LSM Geram Banten Kirim Surat Cinta Kepada Dinas LH

0
86

POSBUMI.COM.KOTA TANGERANG – Dinilai Lambat penanganannya warga RT04/RW.02 Kampung Gembor, Kelurahan Gembor Kecamatan Karawaci Kota Tangerang, minta pendampingan kepada LSM Geram Banten Indonesia, untuk menindak lanjuti, air limbah pabrik yang mengalir di sepanjang saluran irigasi ke kampung mereka.

Dari keterangan warga setempat, selain berbau, limbah tersebut di duga beracun. Dari temuan awak media di lokasi terlihat beberapa ikan yang mengapung di duga akibat air yang di irigasi yang terkontaminasi limbah, kekawatiran warga semakin menjadi karena keberadaan saluran air yang diduga terkontaminasi limbah juga berada di antara pemukiman mereka.

Dari cerita warga sekitar, walaupun pabrik pabrik tersebut berada dilingkungan nya, tapi warga nya justru tidak bisa bekerja, alias (nganggur) padahal sebelum nya antara pihak perusahaan dan warga sekitar telah membuat kesepakatan untuk mengutamakan warga di lingkungan nya untuk mempekerjakan.

Dinas lingkungan Hidup Kota Tangerang, “H.Dedi Suhada. Sebelumnya mengatakan,” untuk perusahaan tersebut pekan lalu sudah di lakukan pengawasan selanjutnya dilakukan tindakan sesuai hasil pengawasan dan sesuai aturan yang berlaku kalau sudah dilakukan verefikasi lapangan.

“Sudah dilakukan Verifikasi lapangan hari Kamis pekan kemaren, saat ini sedang di evaluasi terkait pelanggaran dan sanksi yang akan di berikan,” terangnya.(10/8/2020).

Keterangan yang sama juga di berikan oleh Dinas Lingkungan Hidup, saat dikonfirmasi ulang tentang tindak lanjutnya, yang sebelum nya sudah dilakukan Verifikasi lapangan. “Kita akan melakukan verifikasi lanjutan dan pengambilan sampling air limbah nya, karena kemaren hanya insitu saja,” kata Amaludin Kadi Pengaduan Dinas LH,(13/08/2020).

Saat dikonfirmasi ke LSM Geram Banten Indonesia, “Romo” kordinator nya membenarkan kalau sudah menerima aduan masyarakat tersebut, dan sudah melayangkan surat ke perusahaan yang di duga membuang air limbah ke irigasi warga.

“Sudah kita kirim surat klarifikasi ke perusahan yaitu PT.Calindo Damai Sejahtera Abadi, dimana menurut laporan warga kalau perusahaan tersebut yang di duga membuang limbah hingga mencemari irigasi warga Kampung Gembor,” terangnya.

Namun hingga berita ini di muat, belum ada keterangan yang bisa didapatkan dari pihak perusahaan. “Belum bisa pak ke temu menegaman perusahaan, nanti setelah diarahkan,” kata security nya.

(Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here