LMHAI Menerima Bibit Tanaman Reboisasi Dari Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI

0
198

POSBUMI.COM, SERGAI – Lembaga Masyarakat Hukum Adat Indonesia (LMHAI) menerima bantuan bibit penghijauan lingkungan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melalui Balai pengelolaan DAS- Sei Wampu SEI ular di Medan Sumatera Utara( Sumut) dengan nomor agenda persetujuan BPDAS HL SW SU No. 748/WU/2020 dan 749/WU/2020.

Bantuan bibit ini dilaksanakan di Balai pembibitan PDAS HL SW SU di persemaian permanen Kwala Bekala yang merupakan salah satu upaya pemerintah khususnya disektor kehutanan dan lingkungan untuk melakukan reboisasi serta pengembalian ekosistem yang telah rusak akibat penebangan liar serta perambahan dan alih fungsi lahan.

Serah terima bantuan bibit diterima langsung oleh: ketua DPP LMHAI OK. Budianto didampingi oleh pengurus LMHAI lainnya Sendang Gono dan Ir. T. Abd. Majid dengan jumlah 6000 bibit tanaman jenis kayu kayuan yang bersifat ekonomis, misalnya ; Manggis, Rambutan, Aren, dan Pete serta tanaman jenis kayu lainnya seperti Bambang Lanang, Pucuk Merah, Kayu darat dan Ketapang Kencana.

Ketua DPP LMHAI OK. Budianto yang didampingi oleh Sekertarisnya Ir. T. Abd. Majid mengatakan” Bahwa untuk tahap perta penanaman ini dilaksanakan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sebanyak 2000 bibit Melalui kelompok tani sejahtera LMHAI serta di kabupaten Simalungun sebanyak 2000 bibit juga Melalui kelompok tani di Silau Dunia.

Lo

Bibit tanaman ini, tambah Ok. Budianto” akan di semai di lahan-lahan kritis serta DAS dan daerah rawan longsor terutama di lahan tidur yang merupakan eks tanah adat tanah Ulayat sebelumnya. Sisanya 2000 bibit lagi akan diterima lagi dari kementerian LHK pada akhir tahun 2020.

Dalam acara penyerahan bantuan bibit dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut turut hadir dan disaksikan oleh Ketua DPN Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup ( LHK ) Bapak M. Sofyan Damanik yang didampingi oleh Staf ahlinya. (Jrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here