LPP RRI Dukung Kemajuan Digitalisasi UMKM Indonesia

0
1775

POSBUMI.COM, JAKARTA – Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia atau LPP RRI pada Hari Senin, 10 April 2023 melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman kerja sama – MOU dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI bertempat di Galeri Tri Prasetya RRI Jakarta.

“Kami siap mewujudkan Digitalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kerjasama yang sedianya dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM dan RRI dalam mengakselerasi transformasi digitalisasi UMKM. Kerjasama itu diantaranya melalui pendampingan informasi, literasi keuangan digital, data base UMKM dan program pendukung lainnya,” kata Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik RRI, Hendrasmo, kepada awak media, Senin (10/4/2023)

Hendrasmo meyakini bahwa LPP RRI dapat membantu wujudkan kemajuan UMKM melalui digitalisasi. Sebab, RRI memiliki jaringan sampai dengan tingkat desa hingga ke lokasi terpencil sehingga dapat memberikan literasi ke masyarakat persoalan UMKM.

“RRI memiliki kedekatan dengan rakyat, kedekatan dengan UMKM melalui masing-masing Satuan Kerja (stasiun, jaringannya) di daerah. Untuk itu, RRI memiliki komitmen kuat bagi kemajuan UMKM di Indonesia, dan menjadi satu-satunya Radio yang memiliki perhatian khusus kepada UMKM,” ujarnya.

Hendrasmo memberikan salah satu contoh saat ini RRI sedang mengembangkan platform Digital Play Go. Nantinya, platform tersebut menjaring komunitas ekonomi digital, mendorong UMKM untuk terdaftar dalam Nomor Induk Berusaha.

Tak hanya itu, platform tersebut akan memberikan informasi mengenai KUR UMKM dari bank penyalur kepada penerima manfaat. Selain itu, RRI juga terus mengedukasi masyarakat tentang literasi keuangan digital.

“RRI sebagai radio UMKM akan terus membuka ruang-ruang publik dan memanfaatkan seluruh infrastruktur kami di seluruh Indonesia. Nantinya akan sebagai katalisator dan hubungan bagi kemanfaatan UMKM,” papar Hendrasmo.

Menurut Hendrasmo, LPP RRI sebagai radio UMKM sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang terus memberikan perhatian kepada UMKM. Hendrasmo meyakini UMKM akan dapat naik kelas dan bersaing global.

“Pada tahun 2024 nanti, Pemerintah mentargetkan sebanyak 30 juta UMKM onboarding digital. Saya meyakini target tersebut tercapai melalui kerjasama, kolaborasi dan sinergitas antar lembaga,” ungkap Hendrasmo.

Dalam acara MoU LPP RRI dengan Kemenkop UKM juga menggelar bazaar Ramadan. Bazar itu diikuti 50 UMKM dengan menggandeng HPN (Himpunan Pengusaha Nahdliyin).

Adapun kategori fashion diikuti Craft, Kuliner dan juga kegiatan Fashion Week Syar’i, Beauty Class. Lalu ada acara pendampingan pembuatan legalitas seperti NIB, PIRT, sertifikasi halal.

Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan talkshow kesehatan, demo masak, live akustik dan doorprize yang diselenggarakan dari tanggal 10-14 April 2023 di Galeri Tri Prasetya RRI. (mega/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here