Mahasiswa Public Relation UMB Beri Edukasi Pentingnya Membangun Percaya Diri, Personal Grooming dan Sosial Etiket dalam Bersosial Media Pada Generasi Alpha

0
294

POSBUMI.COM,JAKARTA – Percaya diri adalah kemampuan dalam menyakinkan diri pada kemampuan yang kita miliki atau kemampuan untuk mengembangkan penilaian positif baik untuk diri sendiri ataupun lingkungan sekitar. Ada orang yang merasa telah kehilangan rasa kepercayaan diri di hampir keseluruhan wilayah hidupnya. Mungkin terkait dengan soal krisis diri, depresi, hilang kendali, merasa tak berdaya menatap sisi cerah masa depan, dan lain-lain. Ada juga orang yang merasa belum pede/percaya diri dengan apa yang dilakukannya atau dengan apa yang ditekuninya.

Menurut Thantaway dalam Kamus istilah Bimbingan dan Konseling (2005:87),ย percaya diriย adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. Orang yang tidak percaya diri memiliki konsep diri negatif, kurang percaya pada kemampuannya, karena itu sering menutup diri.

Maka dari, itu para mahasiswa universitas mercu buana fakultas ilmu komunikasi jurusan public relation memberi edukasi kepada siswa dan siswi SMK Candra Naya tentang pentingnya membangun rasa percaya diri, dengan cara mengadakan kegiatan Kuliah Peduli Negeri yang merupakan salah satu mata kuliah dari kampus mercu buana.

Kegiatan dilaksanakan di SMK Candra Naya, Jembatan Besi, Tambora, Jakarta. Selasa (22/11/2022). Dengan target peserta siswa/siswi kelas 10 C.

Ada beberapa topik yang disampaikan dari 3 kelomok berbeda yang mengikuti kegiatan Kuliah Peduli Negeri tersebut, yaitu : Pelatihan Public Speaking โ€œMembangun Kepercayaan Diri untuk Menjadi Master of Ceremonyโ€, “Tampil Profesional Dengan Personal Grooming”, โ€œSosialisasi Etiket Media Sosial (Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Dalam Berpendapat di Media Sosial Sesuai Aturan Yang Berlaku Pada Generasi Alpha)โ€.

Semua siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan edukasi ini sangat antusias dan sangat menikmati pembelajaran materi yang diberikan oleh para mahasiswa-mahasiswi Mercu Buana. Dari sesi pertama sampai sesi terakhir semua siswa/siswi menikmati kegiatan ini, dan ada saja yang bertanyan setiap sesi materi, ada juga yang ingin mencoba berani membangun rasa percaya diri mereka, ada beberapa siswa yang tau tentang public speaking, dan ada beberapa siswa yang ingin maju ke depan untuk menunjukan personal grooming mereka dalam berpenampilan dan berpakain sudah baik dan benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here