Manfaatkan Perairan Danau Warga Cipete Kecamatan Pinang Budidayakan Ikan

0
75

POSBUMI.COM.KOTATANGERANG – Danau Cipondoh yang terlatak diantara Kecamatan Pinang dan Kecamatan Cipondoh dimanfaatkan dengan baik oleh sebagian warga di lingkungan RW 03 Kelurahan Cipete Kecamatan Pinang Kota Tangerang untuk pembudidayaan ikan.

Di situ, ada sekitar 100 keramba atau kolam jaring untuk budidaya ikan nila, lele, patin dan gurame. Sekali panen, bisa mencapai ratusan kilogram ikan.

“Jika panen, pembeli datang langsung ke sini. Jadi soal pemasaran ikan, kita jelas ada yang beli,” jelas M Amin, Ketua Kelompok Warga Tani Lebar (KWT Lele Barokah) Kelurahan Cipete Kecamatan Pinang Kota Tangerang kepada Camat Pinang Kaonang saat mengunjungi kelompok warga tani tersebut, Jumat petang 11 September 2020.

Camat Pinang Kaonang didampingi Kasi Ekbang Kelurahan Cipete, Zaeni dan Ketua Kelompok Warga Tani Lebar, M Amin meninjau kolam bundar tempat pembenihan ikan air tawar.

Para petani RW 03 Cipete Kecamatan Pinang tersebut membuat keramba ikan di perairan Danau Cipondoh menggunakan jaring sebagai kolam. Di keramba berukuran 3 meter x 6 meter mereka menebar benih ikan.

“Ikan lele dan nila sekitaran tiga bulan sudah bisa dipanen. Kalau ikan gurame sama patin rada lama,” jelas M Amin kepada Camat Pinang Kaonang.

Dalam kesempatan itu, Camat Pinang Kaonang mengunjungi juga pembenihan ikan yang menggunakan kolam bundar. Ia melihat warga RW 03 Cipete memanfaatkan potensi lingkungan sekitar menjadi berhasil guna. Pembenihan ikan di dekat keramba milik warga itu satu mata rantai dengan budidaya ikan di perairan Danau Cipondoh.

“Warga di sini memanfaatkan potensi perairan danau yang ada di sekitarnya menjadi area keramba ikan air tawar. Ini sangat bagus sekali dan harus terus dikembangkan. Keberadaan danau ini bukan cuma untuk penampungan air hujan, namun juga menjadi ladang pengembangan ekonomi rakyat,” terang Camat Pinang Kaonang didampingi Kasi Ekbang Kelurahan Cipete, Zaeni.

RED

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here