Nama jalan Kiai Amin Lamongan Rupanya Tak Banyak Orang Tau Bawah Dia Seorang Santri Dan Komandan hizbullah wilaya Utara

0
144

POSBUMI.COM, LAMONGAN – Warga Lamongan mungkin tidak asing dengan nama Jalan Kiai Amin. Rupanya, tak banyak yang tahu jika jalan tersebut menyimpan cerita peran seorang santri menjaga kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sekretaris Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lamongan, Imam Ghazali mengungkapkan nama jalan itu seorang santri Ponpes Tebuireng Jombang. Kiai Amin lahir tahun 1910 di Desa Kranji, Kecamatan Paciran dan meninggal usia 39 tahun.

“Nama beliau adalah KH. Muhammad Amin Musthafa, alumni santri dari Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. Beliau juga ulama sekaligus pendiri Ponpes Tunggul, Paciran. Beliau adalah putra dari KH. Musthofa Abdul Karim, pendiri Ponpes Tarbiyatut Tholabah Kranji dan Nyai Hj. Aminah,” kata Imam Ghazali memulai ceritanya, Jumat (23/10/2020).

Ghazali mengungkapkan, Kiai Amin adalah salah satu sosok kyai santri Lamongan yang kiprahnya cukup legendaris di Lamongan sebagai komandan Hizbullah pada peristiwa 10 November. Sosoknya disiarkan radio saat peristiwa 10 November di Surabaya yang digambarkan sebagai seseorang yang tidak mempan senjata maupun peluru.

“Keahlian dan keberanian Kiai Amin melawan penjajah menjadikannya diangkat sebagai pemimpin hisbullah. Tugasnya mempertahankan Lamongan dari serangan sekutu, tepatnya Surabaya wilayah utara. Bahkan saat itu ada stasiun radio yang menyiarkan bahwa KH Amin adalah seorang yang tidak mempan senjata maupun peluru saat bertempur di Surabaya,” ujarnya.(kebek/Dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here