Oknum ASN Dalangi Penipuan Uang Miliaran di Pemalang

0
40

POSBUMI.COM, PEMALANG  – Reskrim Polres Pemalang membekuk dua tersangka penipuan seleksi CPNS di Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah.

Dari aksinya tersangka telah meraup uang senilai lebih dari Rp4 miliar dari para korbannya.

Salah satu tersangka penipuan CPNS adalah inisial IY, dan IY adalah merupakan Aparatur Sipil Negara/ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah.

Kini dirinya telah mendekam di Mapolres Pemalang untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

IY masih tercatat sebagai pegawai di Dinas Perhubungan Kabupaten Pemalang. Akan tetap saat penipuan itu terjadi, dirinya masih bertugas di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemalang. Berbekal pengetahuan dari sana, kemudian menipu para korbannya.

” Untuk memberitau atau menyakinkan (korban) saya pakai surat edaran, dan waktu itu saya kan masih di BKD jadi tahu,” akunya, saat berada di Mapolres Pemalang, Senin (22/6).

Dia mengatakan, perbuatannya itu hanya dilakukan dengan rekannya berinisial AT, tanpa diketahui atau melibatkan atasannya. Dia pun mengakui bahwa sebenarnya tidak ada jalur belakang. Aksinya itu pun terendus setelah para korban melaporkannya ke Polres Pemalang.

Menurut IY, uang hasil perbuatannya itu dia gunakan untuk membeli beberapa kebutuhan dan juga untuk bersenang-senang, seperti karaokean.

“Uangnya saya gunakan untuk beli kebutuhan dan bersenang-senang,” ucap IY,

Para tersangka kini dijerat Pasal 378 KUHP Jo 65 KUHP, dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

( A’IDIN, ST )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here