Operasi Zebra 2020 Pertama di Daan Mogot Jakbar, Didominasi Pelanggar Kendaraan Bermotor

0
64

POSBUMI.COM, JAKARTA – Satuan Polisi Lalu Lintas (Salantas) Jakarta Barat bersama petugas gabungan yang terdiri dari POM TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) menggelar operasi Zebra tahun 2020.

Operasi Zebra 2020 yang digelar mulai tanggal 26 Oktober sampai dengan 8 November 2020, bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat, dalam berlalu lintas di tengah pandemi Covid-19 masa perpanjangan Penerapan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Menurut Kasat Lantas Jakarta Barat, Kompol Purwanta, pihaknya lebih banyak melakukan tindakan pre-emtif dan preventif. Hal itu dilakukan guna membangun kesadaran masyarakat dalam berkendara yang aman.

“40 persen preemtif, 40 persen preventif dan 20 persen penindakan,” ujarnya

Sasarannya tak hanya kepada pelanggar lalu lintas, namun juga pelanggar protokol kesehatan. Operasi Zebra hari ini dilakukan di titik keramaian arus lalu lintas Jalan  Daan Mogot Raya, Kalideres, Jakarta Barat

“Tentunya sesuai telegram Kapolda Metro Jaya nomor 1470 tahun 2020. Targetnya berupa pendisiplinan lalu lintas jalan,” katanya.

Sementara dilokasi yang sama, Kasidalops Sudinhub Jakarta Barat Wildan Anwar menambahkan, ada tiga Operasi yakni Operasi Yustisi PSBB dan Operasi Lintas Jaya serta Operasi Zebra Jaya 2020, digelar selama dua pekan.

Hasil sementara operasi itu sebanyak 24 pelanggar kendaraan bermotor diberikan sangsi tilang lantaran tidak memakai helm, melawan arus dan melanggar marka jalan. Sedangkan 2 unit kendaraan mobil pick up ditindak pengeoperasiannya oleh petugas Dishub Jakarta Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here