Panen Raya Mangga Istana Desa Penggarit Dihadiri Pangdam Diponegoro dan Kapolda Jateng 

0
207

POSBUMI.COM, PEMALANG  –Rombongan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Lutfi dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari serta Eva Yuliana dari Komisi III DPR RI bersama.

Telah ikut serta memanen Mangga Istana khas di Desa Penggarit, Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, Sabtu (18/7/2020).

Panen Mangga Istana ini merupakan agenda kedua dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan Nasional oleh TNI-Polri dan Pemkab Pemalang.

Di agenda pertama, mereka memanen bersama di area dekat lapangan Desa Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.

Didampingi Bupati Pemalang, H. Junaedi, Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, Dandim 0711 Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, serta Kepala Desa Penggarit Imam Wibowo, saat memetik dan mencicipi langsung Mangga Istana Irjen Pol Ahmad Lutfi mengakui bahwa rasanya sangat luar biasa enak dan maknyus.

“Maknyus sekali ini, mangga Istana Maknyus,” katanya kepada awak media.

Hal senada juga disampaikan Eva Yuliana, anggota DPR RI Komisi III itu menyampaikan bahwa rasa Mangga Istana tidak seperti mangga biasanya.

“Kita bangga Jawa Tengah memiliki buah unggulan hasil petani, mangga ini tidak seperti mangga biasanya, mangga ini memang kaya istana, istimewa,” ujarnya.

Mangga Istana sendiri sebenarnya adalah varietas mangga harum manis, dalam historisnya nama Mangga Istana diberikan setelah kelezatannya terkenal hingga mendapat pesanan dari Istana Kepresidenan, sejak itulah mangga harum manis di Desa Penggarit ini dinamakan Mangga Istana.

Dalam kesempatan itu Bupati Pemalang H Junaedi menyampaikan bahwa selain Mangga Istana, Kabupaten Pemalang juga memiliki buah unggulan lainnya seperti Kelengkeng, Nanas Madu dan juga Kopi.

“Disamping mangga ada buah unggulan lain seperti kelengkeng, nanas dan buah lainnya termasuk unggulan dari kopi,” tutur Junaedi.

Menurut Junaedi, upaya yang dilakukan Pemerintah daerah dalam mengenalkan produk unggulan yaitu dengan mengirimkan produknya dalam Festival-festival maupun pasar pengembangan holtikultura.

Usai puas mencicipi Mangga Istana, acara Kemudian dilanjutkan ke agenda terakhir yakni Penaburan benih ikan di aliran Bendungan Sokawati Kecamatan Ampelgading, Pemalang. Untuk sampai ke lokasi tersebut, rombongan menjelajah Alas (Hutan) Penggarit dengan mobil Off-road.

“Jelajah Alas Penggarit yang juga diikuti oleh puluhan Offroader Pemalang itu merupakan bagian dari perayaan hari ulang tahun/HUT Bhayang Kara ke 74,” terangnya.   (A’IDIN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here