Pangdam Diponegoro Dan Kapolda Jateng Hadiri Panen Raya Padi 

0
41

POSBUMI.COM, PEMALANG  –  Di kawasan persawahan Desa Kaligelang, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Sabtu (18/7/2020).

Dalam acara panen raya padi di Desa Kaligelang dihadiri oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi bersama Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, serta anggota DPR RI Komisi III Eva Yuliana, Turut serta memanen padi secara simbolis sebagai pembuka panen raya padi di Pemalang.

Turut mendampingi Bupati Pemalang, H. Junaedi, Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, serta Dandim 0711 Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan.

Dalam keterangannya kepada awak media, Kapolda Jateng mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk keikutsertaan TNI POLRI dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi Nasional sesuai instruksi Presiden RI.

Menurutnya, agenda panen raya kali ini sebagai bentuk dukungan TNI-Polri dan Pemkab dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan. Sebagaimana yang sudah diinstruksikan Presiden RI kepada TNI POLRI dalam mendukung percepatan ekonomi Nasional, salah satunya dalam hal pangan.

“ Di Pemalang terdapat 220 hektare lahan pertanian yang akan dipanen dalam waktu dekat, selain itu ada agenda sebar benih ikan dan panen mangga, ” katanya.

Ini merupakan kedua kali bagi Kapolda Luthfi menghadiri panen raya. Sebelumnya di Kabupaten Grobogan dan rencananya Senin depan di Kabupaten Klaten. Selain itu, Kapolda juga mengimbau masyarakat agar memahami ‘kebiasaan baru’ saat pandemi.

Bupati Pemalang, H Junaedi menyambut kedatangan TNI POLRI dalam agenda ini.

“Semoga kehadiran bapak di sini akan meningkatkan motifasi dan semangat kami dalam meningkatkan kinerja Pemerintahan dan mendukung segala upaya pemberdayaan peningkatan produktifitas masyarakat Kabupaten Pemalang, ” ungkapnya.

Bupati mengungkapkan, Kabupaten Pemalang adalah salah satu penyangga pangan untuk Wilayah Jateng, khususnya padi dengan potensi panen mencapai 301342 ton tahun ini.

“Pemalang juga memiliki komoditas pangan strategis lainnya seperti komoditas tanaman holtikultura utama di antaranya bawang merah cabe besar nanas mangga dan durian pada komoditas perkebunan utama terdapat tebu, teh, dan kopi, ” uicap Bupati.  ( A”IDIN )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here