Pemkot Tangerang Lakukan Langkah Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

0
89

POSBUMI.COM, KOTA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggelar kegiatan Rapat Evaluasi Pembangunan dengan agenda pembahasan mengenai strategi Pemkot dalam pemulihan ekonomi masyarakat Kota Tangerang di tengah pandemi Covid ’19.

Rapat evaluasi tersebut dipimpin langsung Walikota Tangerang Arief R Wismansyah bersama Wakil Walikota Tangerang Sachrudin serta Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman.

Walikota Tangerang meminta agar tupoksi pada tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Tangerang dapat menyesuaikan dengan keadaan selama pandemi Covid-19 dalam rangka pemulihan terutama pada bidang perekonomian di Kota Tangerang.

“Program apa yang dapat dilakukan oleh Pemkot Tangerang melalui seluruh OPD untuk pemulihan ekonomi masyarakat,” ungkap Walikota dalam rapat yang digelar di Ruang Akhlakul Karimah, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa 30 Juni 2020.

Walikota menuturkan dengan kondisi ditetapkannya kembali PSBB, membuat masyarakat harus semakin meningkatkan kedisiplinan dalam menghadapi pandemi Covid ’19 di Kota Tangerang.

“Angka positif covid sudah mengalami penurunan yang signifikan. Tapi kita harus tetap waspada dan tidak menurunkan kedisipilinan menerapkan protokol kesehatan. Jangan sampai kita lalai karena merasa angka positif Covid sudah turun,” tambah Arief.

Selain itu, Walikota juga menyampaikan sejumlah daftar rencana prioritas kegiatan yang akan dilakukan oleh Pemkot Tangerang di tengah kondisi Covid-19.

“Salah satunya melalui kelonggaran di bidang kuliner dan jasa sesuai dengan ketetapan dan pelaksanaan protokol kesehatan,” jelas Arief R Wismansyah.

Lebih lanjut, Arief mengimbau agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Tangerang dapat menjaga optimisme untuk bangkit dari kondisi kurang baik akibat pandemi Covid ’19.

“Kota Tangerang harus bangkit kembali dari kondisi seperti sekarang, saya yakin kita bisa,” pungkas Arief.

Menindak lanjuti arahan Walikota Tangerang dalam rapat evaluasi tersebut, Camat Pinang Kaonang mengungkapkan pada pekan lalu pihaknya telah memulai mendorong para pelaku UMKM agar bisa bangkit kembali dari terpaan dampak Covid ’19. Pihaknya mempublikasikan dan mempromosikan UMKM yang telah terdata melalui media yang kini tengah tren di masyarakat.

“Kami mengikuti arahan pak walikota untuk membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi covid ’19 ini. Kami akan lakukan pendataan kembali untuk memastikan jumlah UMKM Kecamatan Pinang berapa yang masih aktif dan berapa yang sempat mati suri,” terang Camat Pinang, Kaonang.

Ke depannya, sambung Camat Pinang setelah didata akan ada pendampingan dan mempromosikan agar mampu melakukan penjualan online. Saat ini, UMKM Kecamatan Pinang sudah ada yang melakukan penjualan produknya melalui toko online terkemuka di antaranya Lazada dan Tokopedia.

“Sebelum wabah Covid ’19, kami melakukan sosialisasi cara berjualan melalui toko online. Para pelaku UMKM Kecamatan Pinang diajarkan cara berjualan melalui online. Pas terjadi wabah Covid ini mereka berjualan melalui online,” beber Kaonang.

Terhadap pelaku UMKM sektor kuliner di Pinang lanjut Kaonang, Pemerintah Kota Tangerang telah memberi kelonggaran. Kini diperbolehkan memberi pelayanan kepada komsumen untuk makan di tempat. Namun protokol kesehatan tetap harus diperhatikan.

Kaonang mengapresiasi Mal Ikea berada di wilayah Kecamatan Pinang mampu memberikan contoh yang baik. Mal tersebut buka tetap sangat memperhatikan protokol kesehatan dengan baik. Camat Pinang mengajak kepada seluruh pengusaha untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan dengan baik. ***

• Ateng San | Ahmad Fadhil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here