Pemuda Kota Pare Mendapatkan Penyuluhan Dan Sosialisasi Hukum Oleh POSBAKUMADIN Sergai

0
47

POSBUMI.COM,Pantai Cermin SERGAI – Dalam kegiatan Penyuluhan dan Sosialisasi Hukum oleh Posbakumadin Serdang Bedagqi yang digelar didalam Aula kantor Desa Kota Pare kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Minggu (24/01/21) Sore.

Penyuluhan dan Sosialisasi Hukum yang di gelar oleh Pos Bantuan Hukum Advokasi Indonesia ( Posbakumadin) dihadiri oleh: Kepala Desa kota pare, Ketua PERADIN Sumut Irwansyah Rambe SH dan Sekwil PERADIN Sumut Rudy Tanjung SH serta Ketua Posbakumadin Sergai Hendro Surya Dermawan,SH. juga hadir Asosiasi Pemuda kota Pare( APKP) pemuda-Pemuda Desa kota Pare dan beberapa dari ibu- ibu desa kota Pare juga hadir di kegiatan tersebut.

Sebelum memasuki pada tahap tanya – jawab mempertanyakan prihal Perda tahun 2007 prihal Ternak babi atau Pengusaha Babi.

Kades kota Pare Abdul Khair menerangkan” Perda yang ada tidak boleh ditambah tapi harus dihabiskan namun dalam hal ini memang adanya kesepakatan itu tuntutan masyarakat itu dengan adanya Perda di tahun 2007 itu.

Pemerintah hanya mengijinkan ternak babi yang melebihi sesuai kapasitas didalam perjanjian Perda tahun 2007 dan Pemerintah Daerah Sergai sendiri hanya mengizinkan u lokasi untuk ternak babi yaitu di Dolok masihul, Sei bamban, kotarih dan Silindak kabupaten serdang bedagai.

Di Pantai Cermin di dalam pembuatan Perda ini tentunya yang menjalankan Perda ini, sambung kades, sebagai kepala desa waktu itu Pak Supriadi sebagai kepala desa yang menjalankan yang membuat Perda dan punya kepala desa hanya memperpanjang tangan apa yang dibuat oleh pemerintah disampaikan ke pengusaha-pengusaha tapi yang menjalankan Perda itu penegak penegak Perda itu sendiri adalah Satpol PP” tandas kades.

Ketua DPW Posbakumadin Sumut Menjawab beberapa pertanyaan dari pemuda kota Pare prihal Penertiban Ternak Babi dan mendiskusikan Perda tahun 2007 itu yang isinya telah di revisi dengan Perda nomor 12 tahun 2013 jadi isi Perda nomor 12 tahun 2013 itu adalah isinya itu tentang peternak.

Permasalahan khususnya terkait pengadaan ternak atau pemeliharaan babi di sini sebagai konsentrasi hukum organisasi bantuan hukum ini kami mau konsentrasi kepada pemberi bantuan hukum kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum jadi memang sebelum kami melakukan penyuluhan atau penyampaian materi baiknya memang kami meminta kepada kawan-kawan atau perwakilannya.

Memberikan pernyataan atau pertanyaan agar kami bisa menganalisa dan nanti di dalam aplikasinya upaya-upaya apa yang harus kita lakukan kita diskusikan di dalam ruangan ini.

Mempersingkat waktu saya persilahkan kepada moderator kembali untuk mengemukakan suatu bentuk pernyataan atau pertanyaan yang fokus kepada penyelesaian atau permasalahan kita sekarang ini.

Disamping itu kalau keterangan dari pak kades tadi kan ada menunggu kan pengesahan perda yang baru-baru nanti diambil tindakan gitu terus yang jadi pertanyaannya itu sebelum disahkan kenapa perda yang lama yang lama tidak berlaku mungkin itu pertanyaan pembukanya kenapa harus mengacu ke kesepakatan sementara kesepakatan.

Sekretaris wilayah DPW PERADIN sumatera utara Rudi Florida Tanjung mengatakan” sama seperti yang ditanggapi oleh ketua DPW artinya saat ini kami butuh data dan informasi terkait permasalahan warga yang ada ususnya di kota pari.

Namun disini memang kami sangat menyayangkan apa yang terjadi pada malam kamis yang lalu artinya juga kami juga berharap kedepannya pemuda-pemuda yang ada di sini bisa lebih giat untuk memberikan pemahaman sadar hukum sebagai salah satu contoh.

Terkait sadar hukum misalnya” kita punya tanah di pinggir jalan kita punya sertifikat atau kita bilang surat desa tiba-tiba ada orang tanpa persetujuan kita atau izin dari kita sebagai pemilik tanah memasang spanduk dan plang di lahan kita tersebut, Dengan emosinya kita mengobrak-abrik merusak perang tersebut.

Akhirnya kita diadukan atas dasar pengerusakan. kalau menurut hukum best-nya benar kenapa.. memang itu tanah kita tapi benda yang di atas tanah tersebut adalah benda

Langkah hukum yang harus kita lakukan adalah melakukan pelaporan terhadap pihak yang berwajib terkait penyerobotan biar pihak yang berwajib yang memproses bukan harus kita” paparannya.

Menutup kegiatan Penyuluhan dan Sosialisasi Hukum POSBAKUMADIN Kabupaten Sergai di kantor desa kota Pare dengan berfoto bersama sambil mengeluarkan semboyan” TUTUP TERNAK BABI DI KECAMATAN PANTAI CERMIN. (J.76)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here