Peneliti UI Menyerahkan 300 Unit Ventilator Covid-20 Ke Ketua Gugus Tugas Nasional

0
61

POSBUMI.COM JAKARTA – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 atau Gugus Tugas Nasional Doni Monardo menerima bantuan ventilator produk para peneliti Universitas Indonesia (UI). Bantuan yang diserahkan simbolis berlangsung di Graha BNPB, Jakarta, pada Rabu (24/6).

Doni mengapresiasi produk anak bangsa yang sangat bermanfaat dalam penanganan pasien COVID-19 saat ini. UI menyerahkan 300 unit ventilator dengan nama COVENT-20, yang akan didistribusikan ke sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 di Indonesia. Doni yang juga Kepala BNPB menerima secara simbolis satu set ventilator COVENT-20 dari Rektor UI Prof. Ari Kuncoro yang didampingi Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro.

Sementara itu, Menristek yang sekaligus Ketua Badan Riset dan Inovasi Indonesia (Brin) Bambang Brodjonegoro menyampaikan bahwa penyerahan ventilator ini adalah bukti dari kerja keras para peneliti dan inovator Indonesia. Mereka telah telah berhasil melahirkan lima ventilator yang didesain dan diproduksi di Indonesia dalam tempo tiga bulan terakhir.

COVENT-20 adalah ventilator transport lokal rendah biaya yang dikembangkan oleh Tim Ventilator UI. COVENT-20 unggul karena telah dinyatakan lulus uji klinis manusia untuk mode ventilasi CMV (Continuous Mandatory Ventilation) dan CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) dari Kementerian Kesehatan RI pada 15 Juni 2020. Mode CMV lebih kompleks dibandingkan dengan mode CPAP, karena mengatur nafas pasien pada saat pasien berada dalam kondisi tidak sadar, dan sepenuhnya fungsi pernafasan diregulasi oleh ventilator. Selain itu COVENT-20 juga telah memperoleh Ijin Edar dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, pada 19 Juni 2020.

RED

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here