Pengamanan Libur Panjang,Natal Dan Tahun Baru Kakorlantas Polri Terjunkan 122 Ribu Personel

0
47

POSBUMI.COM, JAKARTA – Kakorlantas Polri melakukan pengamanan di libur panjang Natal dan akhir tahun 2020. Ratusan ribu perwira pengamat wilayah (Pamatwil) diterjunkan dalam Operasi Lilin 2020 untuk mengamankan masyarakat yang akan berlibur.

“Penggelaran kekuatan kita lebih kurang 122 ribu (personel) ya, (tepatnya) 123.451 di seluruh Indonesia, itu termasuk polri gabungan,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, di NTMC Polri, Jalan Mt Haryono No. Kav 37, Jakarta Selatan, Senin (21/12/2020).

Istiono menjelaskan Operasi Lilin 2020 akan dilakukan mulai 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021. Dia mengatakan pasukan Pamatwil dalam Operasi Lilin 2020 ini akan bekerja untuk mengamankan lalu lintas dan mencegah kerumunan yang mungkin akan terjadi.

Pengecekan protokol kesehatan COVID-19 pun, lanjutnya, akan dilakukan secara acak.

“Kemudian hal yang menjadi atensi kita itu adalah titik-titik, tempat-tempat terutama 4 moda transportasi Darat, laut, udara, dan juga tempat wisata, kemudian tempat-tempat kerumunan lainnya berpotensi untuk penularan COVID-19,” terangnya.

“Kemudian selain itu juga persuasi humanis menjadi utama untuk kegiatan-kegiatan itu. Kita membuat posko posko kemanusiaan di beberapa titik, terutama di rest area untuk membuat random check (swab test) antigen, yang antigennya akan dibantu oleh BNPB. (Sebanyak) 20 ribu (personel) kita dibantu untuk kita lakukan random check di beberapa titik. Antara lain di rest area dan titik pos-pos tertentu yang akan kita terapkan nanti,” ucap dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here