Peringati HANI, BNNP NTB Ajak Milenial Hidup Sehat Tanpa Narkoba

0
68

POSBUMI.COM, MATARAM– Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang jatuh setiap tanggal 26 Juni, Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam pendemi Covid-19 akan melaksanakan secara Virtual di tahun 2020.

Kepala BNNP NTB, Brigjen Pol DGde Sugianyar Dwi Putra menjelaskan tentang tujuan dilaksankan HANI Ini, yaitu memperkuat aksi dan kerjasama untuk mencapai tujuan masyarakat internasional bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Menurutnya, tanggal 26 Juni ini dipilih dengan mengambil momen pengungkapan kasus perdagangan Opium oleh Lin Zexu (1785-1851) di humen, Guangdong, Tiongkok.

Lin Zexu adalah seorang pejabat yang hidup pada masa kaisar Daoguang dari dinasti Qing. Ia terkenal dengan perjuangan menentang perdagangan Opium di Tiongkok oleh bangsa-bangsa asing.

“Kegiatan HANI kali ini, untuk memperkuat aksi dan kerjasama secara global untuk menjadikan masyarakat internasional bebas dari penyalahgunaan narkoba,” ucapnya, Selasa (23/6)

Selain itu, kata Kepala BNNP NTB melalui peringatan ini, akan mengingatkan masyarakat untuk menghindari penyalahgunaan narkoba, penggunaan obat-obatan dan penggunaan obat secara ilegal.

“Momentum HANI yang dimaknai sebagai wujud gerakan perlawanan terhadap bahaya narkoba dan obat-obatan terlarang yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan sosial ekonomi, keamanan dan kedamaian,” sebutnya.

Gde Sugianyar mengatakan bahwa di Indonesia memperingati HANI tahun 2020 Ini mengangkat rema “Hidup 100%” di era New Normal, sadar, sehat dan produktif, bahagia tanpa narkoba.

“Hidup 100% ini mengandung makna ajakan untuk menjadikan pribadi yang lebih baik dan lebih maksimal di segala unsur kehidupan baik fisik, mental, jasmani dan rohani. Dengan hidup tanpa narkoba dalam kerangka sadar, sehat, produktif dan bahagia tanpa narkoba,” jelas Gde Sugianyar.

Ia juga menambahkan telah ditetapkan tema HANI 2020 dengan Hidup 100% di tengah pendemi Covid-19, jajaran BNN RI, BNNP NTB, BNN Kota untuk mengajak semua komponen masyarakat terutama kaum muda milenial untuk turut berperan aktif menyemarakan peringatan Hani 2020 dengan tekad dan semangat pantang menyerah , gotong royong dan mempunyai empati.

Untuk itu di hari puncak peringatan HANI yang dilaksanakan tanggal 26 Juni 2020 pada hari Jum’at nanti akan diselenggarakan menggunakan teknologi secara Virtual yang bisa diikuti oleh seluruh masyarakat melalui berbagai media.

BNNP NTB juga menyelenggarakan berbagai kegiatan guna menyemarakan rangkaian kegiatan pra HANI, sampai dengan pasca HANI.

“Salah satu yang dilombakan yaitu Video Competition yang diapload melalui media sosial Instagram yang bisa diikuti oleh kaum muda milenial dan masyarakat umum,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here