Polisi Telah Merekayasa Arus Lalu Lintas Di Jalan Pantura Kudus-Semarang Akibat Banjir

0
45

POSBUMI.COM, KUDUS JATENG – Banjir di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah belum surut. Salah satunya di Jalan Pantura Kudus-Semarang terendam banjir hingga 50 sentimeter.

Terpantau banjir masih merendam Jalan Pantura Kudus-Semarang di Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Senin (8/2) pukul 13.00 WIB. Genangan banjir masih merendam di jalan Pantura depan Terminal Jati Kudus sampai tugu masuk Kudus Kota Kretek.

Terlihat ketinggian air mencapai 50 sentimeter. Banyak kendaraan sepeda motor hingga kendaraan berat dialihkan lewat Jalan AKBP Agil Kusumadya menuju ke Demak.

Selain di depan terminal, banjir juga terjadi di Dukuh Tanggulangin. Bahkan separuh jalan tergenang air sampai 50 sentimeter. Terlihat juga ruas jalan yang terendam banjir kedalaman tinggi ditutup dengan ban.

Kasat Lantas Polres Kudus AKP Galuh Pandhu Pandega mengatakan polisi telah merekayasa arus lalu lintas di Jalan Pantura Kudus-Semarang. Karena genangan cukup tinggi, kendaraan ringan dialihkan ke Jalan AKBP Agil Kusumadya menuju Semarang.

“Rekayasanya nanti kalau misalnya ada antrean dari Pati-Semarang itu dari Lingkar Tuga Laka kita alihkan lewat Griptha (Jalan AKBP Agil Kusumadya). Kita ke arah Tanggulangin,” kata Galuh saat dihubungi awak media, Senin (8/2/2021).

Dia mengatakan saat di perempatan sebelah Terminal Jati Kudus diberlakukan contra flow. Kendaraan berat dari Pati melintas jalan sisi timur yang masih tergenang air, sedangkan kendaraan kecil dilewatkan jalan sebelah barat berlawanan arah dari Semarang.

“Yang mobil-mobil besar tetap lewat bawah (kondisi jalan juga tergenang banjir di Dukuh Tanggulangin). Yang mobil kecil sedan dan mobil kayak Jazz kita alihkan contra flow atau lawan arus (dari arah Semarang-Kudus) kita ambil satu arah,” ujar dia.

“Sampai saat ini tidak ada kemacetan panjang seperti di Sayung. Tidak ada ya. Kalau di Kudus tidak macet tetap jalan, itu dialihkan mobil besar, lewat atas. Mobil besar takutnya mogok,” sambung Galuh.

Galuh mengimbau pengendara yang melintas di Jalan Pantura Kudus-Semarang agar berhati-hati. Pihaknya juga telah menyiagakan puluhan personel di Jalan Pantura tersebut.

“Imbauan masyarakat yang mau lewat situ tetap hati-hati. Kalau misal mobil tidak mau menerjang banjir. Di sana ada petugas kepolisian yang petugas gantian. Personel siagakan ada 25 orang. Tapi pergantian setiap jam,” pungkas Galuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here