Presiden Resmikan Hunian Milenial Indonesia Terintegrasi

0
1519

POSBUMI.COM, KOTA DEPOK โ€“ Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimulyo meresmikan hunian milenial Indonesia Terinteregasi yang merupakan produk Perumnas, Kamis (13/4/2023) di Samesta Mahata Margonda Depok, Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan pesan dari Bapak Presiden Jokowi bahwa yang menekan daratan Indonesia hanya 25 persen dari total luas wilayah, dengan 75 persen kesulitan. Jadi, ada pembatasan wilayah tanah di Indonesia.

โ€œBapak Presiden (Joko Widodo) menyampaikan kepada saya bahwa sekarang total penduduk di perkotaan itu 56,7 persen, sedangkan yang di desa itu 43,3 persen. Artinya, tentu wilayah perkotaan akan semakin padat dan akan semakin menantang dalam mengatur transportasi dan tentunya hunian untuk masyarakat,โ€ ujar Menteri Erick.

Pekerja informal, lanjut Menteri Erick, kini bisa kredit rumah. Hal itu, dari 58 persen penduduk Indonesia saat ini berusia di bawah 40 tahun. Sedangkan data Kementerian PUPR, 81 juta generasi milenial belum mendapatkan fasilitas rumah.

“Untuk itu, pihaknya mengoordinasikan sejumlah BUMN, seperti Perumnas, BTN, PLN, PTPP, Adhi Karya, dan Kereta Api Indonesia (KAI) dengan Kementerian PUPR dalam membangun hunian milenial yang terintegrasi dengan moda transportasi umum. Jadi, kita ingin memastikan, masalah hunian yang disinergikan dengan transportasi umum bisa menjadi solusi untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi agar kemacetan bisa dikurangi,โ€ jelas Menteri BUMN, Erick.

Dalam lapornya kepada Presiden Jokowi, bahwa BUMN telah menyelesaikan tujuh lokasi hunian terintegrasi senilai Rp 5 triliun dengan 8.348 unit. Menteri Erick menilai proyek tersebut mendapatkan sambutan hangat dari generasi milenial. Hal ini terlihat dari tingkat pembelian yang mencapai 65 persen, dengan 41 persen pembeli adalah milenial.

โ€œKhusus yang Bapak (Presiden Jokowi) kunjungi hari ini, yaitu Samesta Mahata Margonda ini total unitnya 940, tingkat kelakuannya cukup tinggi, 78 persen, karena memang fasilitas ini dekat dengan UI dan fasilitas pendukung lainnya, seperti mal dan lain-lain,โ€ ungkap Erick.

Untuk diketahui, Hunian Milenial Terintegrasi saat ini sudah terdapat di Depok, Jakarta, Tangerang, Bogor dan Karawang. Dengan peluncuran penataan milenial terintegrasi juga akan dilakukan kembali di Klender, Jakarta Timur, setelah lebaran.

โ€œUntuk itu, kami mengharapkan dengan dorongan Bapak Presiden Jokowi hari ini, kami dapat terus meningkatkan proyek hunian milenial ini di berbagai kota ke depannya. Karena itu, KAI sudah akan dipaparkan dengan saya dan para Wamen (Wakil Menteri) di mana titik-titik berikutnya yang ada di luar Jakarta,โ€ tegas Menteri BUMN, Erick Thohir. (kom/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here