Program Kota Tangerang,budi Daya Manggot Bagian Dari Upaya Mengurangi Sampah

0
66

POSBUMI.COM, KOTA TANGERANG – Budi daya maggot untuk pakan ternak ikan lele akan digalakkan warga Kelurahan Cimone , Yang menjadi program pemerintah kota tangerang yang Akan di laksanakan minggu depan tanggal 17 oleh 100 anggota karangtaruna dari 8 rw kelurahan cimone kecamatan kerawaci kota tangerang  , bisa menjadi alternatif yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi, bahkan budidaya maggot ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah kota tangerang, Rabu (11/11/2020).

Dalam pertemuan ini Lurah H. ade menyampaikan Perlunya edukasi, karena sampah organik merupakan sumber media utama budi daya Maggot. Sementara, sumber sampah organik berasal dari sampah rumah tangga.
Sehingga harus dipilah mana organik dan anorganik. Kualitas Maggot tergantung dari bahan baku media budi daya yang digunakan

“Maggot juga dapat diproduksi dalam waktu singkat dan tersedia dalam jumlah yang melimpah sepanjang waktu. Lalu, Maggot juga aman bagi ikan karena itu bukan vektor penyakit, dan mengandung nutrisi sesuai dengan kebutuhan ikan,” paparnya

Di luar itu,  menambahkan bahwa produksi budi daya Maggot juga sangat sederhana dan mudah, karena tidak memerlukan air, listrik, bahan kimia, dan infrastruktur yang rumit dan mahal. Selain itu, Maggot juga mampu mendegradasi limbah organik menjadi material nutrisi lainnya, selain mengurangi sampah organik juga membangun masyarakat mandiri dalam menambah penghasilan serta ketahanan pangan untuk masyarakat cimone

Dalam kesempatan yang sama  Sumardjo aktivis benua hijau lestari menyampaikan Manfaat mangot
Munculnya Maggot sebagai kandidat utama bahan baku alternatif untuk pembuatan pakan ikan, karena Maggot memenuhi kriteria yang dibutuhkan untuk pembuatan pakan ikan. Artinya, komponen yang dibutuhkan untuk membuat pakan ikan yang mengandung gizi cukup baik, bisa didapatkan dari Maggot.

“Maggot juga dinilai potensial karena mudah didapat, diproses, dan bisa dijangkau oleh masyarakat luas dengan harga yang murah. Adapun, komponen yang dimaksud, adalah protein yang menjadi kebutuhan utama ikan dan bisa didapatkan dari pakan ikan, Salah satu nutrisi pakan yang memegang peranan penting dalam pertumbuhan ikan adalah protein. Kualitas protein sangat tergantung dari kemudahannya dicerna dan nilai biologis yang ditentukan oleh asam amino yang menyusunnya. Semakin lengkap kandungan asam aminonya maka kualitas protein akan semakin baik,” papar dia.

Sebelum Maggot muncul sebagai kandidat utama, para pembuat pakan ikan harus bekerja keras untuk menghadirkan produk yang baik dan berkualitas dengan kandungan protein yang tinggi. Namun, upaya tersebut berujung pada konsekuensi harga dari produk pakan ikan tersebut menjadi mahal, karena bahan baku dengan protein tinggi harus didatangkan dengan cara impor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here