Pupuk Subsidi Langka Di Sergai Pahlawan Pangan Atau Petani Gelabakan

0
68

POSBUMI.COM, SERGAI – Petani di desa Pematang Guntung kec. Teluk Mengkudu Sergai meronta-ronta karna kelangkaan Pupuk Subsidi.

Salah satu Petani dusun 5 desa Pem. Guntung kec. T. Mengkudu Abdur Rahman (67) mengatakan” Saya mantan ketua P3A desa pem. Guntung sangat kecewa dan tidak ada keadilan bagi kami sebagai petani yang Khususnya di desa pem. Guntung.

Di temui salah satu tokoh masyarakat desa pematang Guntung Bapak Abdur Rahman” terdapat salah satu keluarga Kepala desa menampung Pupuk Subsidi dan di jual dengan harga Non subsidi yang kelola oleh keluarga kepala desa. Diduga juga Abang dari kades tersebut Nampung pupuk Subsidi yang diambil dari UD dari desa Makmur kec. Teluk mengkudu.

Agen Padi Jainik (48) yang diduga menampung pupuk tersebut dengan cara menjual dengan bayar pada Panen dengan harga tinggi dan petani yang membeli pupuk melaluinya harus menjual hasil panennya. Jainik juga bekerja sama dalam menimbun pupuk Subsidi dengan Sabaruddin alias Subur(adik Jainik) yang tinggal di dusun II,” ucap Abdur Rahman

Abdur Rahman juga menambahkan,” Kepengurus P3A di desa pem. Guntung tidak melalui pemilihan yang Demokrasi yang dipilih oleh petani, tetapi P3A desa pem. Guntung hanya ditunjuk oleh kepala desa,” akhiri ucap Abdur rahman.

Di tempat yang sama Jamotan Sagala (61) warga dusun 6 desa Pekan Sialang Buah juga mengatakan” Jangankan satu Sak pupuk Subsidi untuk bisa beli 1 kg pun susah. Harga pupuk Orea Subsidi biasanya satu Saknya Rp. 110.000- 115.000 jika pun ada pupuk Subsidi dijual dengan harga mahal.

Alasan KUD Mastur barang belum ada masuk dan Pupuk Subsidi apa pun misalnya: Orea – Espe dan Zat A Langka tidak ada sedikitpun yang beredar di desa-desa”lanjut ucap Jamotan Sagala.

Bapak Jainik saat di konfirmasi awak media di lokasi kerjanya dusun 1 Desa Makmur menepis,” bahwa beliu ada membeli pupuk bersubsidi.

UD yang sekarang sedang dikelola oleh anak saya baru tahun 2021 baru mendapatkan Pupuk Subsidi dari Distributor. Sementara ini memang sudah ada 5 kelompok tani yang di ajukan untuk mendapatkan pupuk Subsidi tersebut” jawab Jainik.

Awak media PosBumi.com mencoba menelusuri informasi yang didapat dari salah satu pemilik UD yang enggan disebutkan namanya menerangkan” Bahwa Anto yang mengelola UD di desa Pem. Guntung sudah ada jatah untuknya tetapi sampai hari ini belum di ambil dari Distributor dikarnakan ketidak adaan Uang untuk menebusnya” ucapnya. (Jrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here