Ringkus 3 Pelaku Pencurian Laptop Sekolah, Polres Pulpis Dapat Aspresiasi

0
117

POSBUMI.COM,KALTENG – Polres Pulang Pisau bersama jajaran Polsek Subangau berhasil meringkus tiga pelaku pencurian 21 unit laptop milik SMK Negeri 1 Persiapan Sebangau Kuala, Kalimantan Tengah.

Aksi pencurian laptop yang diperkirakan senilai Rp228 juta tersebut diduga sudah terjadi sejak April 2020. Para pelaku yang diamankan juga merupakan warga Sei Bakau, yakni inisial AH (28), OB (20), NY (27) dan seorang penadah HL (39).

Kejadian baru diketahui pada 4 Juni 2020 di perumahan dinas guru Desa Sei Bakau Desa, Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng.

Kapolres Pulang Pisau AKBP Yuniar Ariefianto, SH, SIK, mengatakan para tersangka memanfaatkan situasi rumah dinas yang sedang tidak ada orang saat pandemi Covid-19 ini.

“Para pelaku memanfaatkan situasi tersebut, dan setelah ditelusuri ini sudah terjadi sejak bulan April lalu,” katanya dalam konferensi pers. Kapolres didampingi Kasat Reskrim Iptu Jhon Digul Manra dan Kapolsek Sebangau Kuala Ipda Bimo Setiawan, Jumat (19/6).

Ia mengatakan, pencurian itu diketahui pada saat pelapor yang sedang berada di Kuala Kapuas ditelepon oleh warga lainnya yang mengatakan bahwa pintu belakang rumah pelapor dalam kondisi terbuka.

Setelah rumah dinas tersebut dicek oleh warga yang disuruh pelapor, ternyata laptop serta cas aki milik pelapor sudah hilang.

Sebanyak 21 laptop yang dicuri, kata Kapolres Pulang Pisau, 11 di antaranya berhasil diamankan.

Berdasarkan pemeriksaan ketiga pelaku pencurian, beberapa unit laptop dijual ke penadah dengan harga yang tidak wajar. Beberapa laptop dijual hanya Rp600 ribu.

“Dari hasil penyelidikan Polsek Sebangau Kuala dan dibantu Resmob Polres Pulang Pisau pada Jumat (12/6) lalu, seluruh pelaku berhasil diamankan,” kata Yuniar.

Atas perbuatannya pelaku pencurian dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Sementara penadah barang curian dikenakan Pasal 480 KUHP tentang pertolongan jahat dengan hukuman penjara maksimal 4 tahun.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK 1 Persiapan Subangau Kuala Gunanto mengapresiasi Polres Pulang Pisau bersama jajaran yang berhasil menangkap pelaku pencurian barang inventaris milik sekolahnya.

“Saya atas nama sekolah mengucapakan terima kasih kepada pihak kepolisian, dalam hal ini Polres Pulang Pisau khususnya Kapolres bersama jajaran yang berhasil mengungkap kasus pencurian ini dengan cepat, ” ujar Gunanto dihalaman Mapolres Pulang Pisau.

Kedatangnya ini, kata dia, sengaja mendatangi Mapolres Pulang Pisau saat gelar kasus pencurian tersebut.

“Kedatangan saya ke sini selaku kepala sekolah SMK 1 Persiapan Subangau memberikan apresiasi kepada pihak Polres Pulang Pisau,” sebutnya.

Dalam menjalankan aksinya para pelaku masuk ke rumah dengan cara membongkar atau merusak dinding rumah belakang yang terbuat dari seng kemudian masuk dan mengambil barang-barang milik sekolah berupa 21 buah Laptop den 1 buah ces aki. (Kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here