Salah Satu Yang Ditakutkan Para Buruh Yakni Adanya Pekerja Kontrak Outsourcing Seumur Hidup”Nantinya Kontrak Akan Di Atur Di Peraturan Pemerinta(PP)

0
84

POSBUMI.COM,JAKARTA – Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja masih menuai kritik meski sudah disahkan menjadi Undang-undang (UU). Salah satu yang ditakutkan para buruh yakni adanya pekerja kontrak outsourcing seumur hidup tanpa batas jenis pekerjaan dan hilangnya Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Harijanto membantah adanya pekerja kontrak seumur hidup. Dia bilang nantinya kontrak akan diatur di Peraturan Pemerintah (PP) beserta kompensasinya.

“Itu saya kira tidak benar, kontrak seumur hidup itu tidak ada di draf yang baru. Justru itu kita malah sekarang kontrak itu akan diatur nanti melalui PP dan malah justru di UUD kita kompensasi,” katanya dalam acara Squawk Box CNBC Indonesia, Selasa (6/10/2020).

Begitu juga soal pekerja outsourcing seumur hidup, menurut Harijanto, bukan berarti outsourcing sebagai pekerja yang dibayar murah.

“Outsourcing itu kan jadi tren di dunia. Outsourcing itu bukan mempekerjakan murah, outsourcing itu mempekerjakan pekerjaan supaya proses produksi di suatu pabrik yang besar itu cost-nya tidak mahal. Misalnya kayak pabrik otomotif yang di-sub-kan misalkan bagian pemecatan dan sebagainya itu jadi bagian dari strategi global yang menurut saya biasa saja,” tutur Harijanto.

Kemudian soal beredarnya upah minimum kabupaten (UMK) yang dihapus, dia menegaskan bahwa UMK tetap ada dan tidak dihapus. Hanya saja, dibuat bersyarat dengan memperhatikan laju inflasi atau pertumbuhan ekonomi di kabupaten tersebut.

“Upah minimum kabupaten itu dihilangkan tidak benar. Upah minimum kabupaten itu tetap boleh ada dengan bersyarat, karena kalau satu kabupaten ternyata penganggurannya lebih, ekonominya tidak tumbuh, tapi upahnya mahal ya otomatis penganggurannya nggak akan turun kan,” tandasnya.(Tpn/Dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here