SBY Bakal Lepas Jabatan Ketua Umum Partai Demokrat

0
113

POSBUMI.COM, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan memastikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan melepas jabatannya sebagai ketua umum (ketum) Partai Demokrat dalam gelaran Kongres V Partai Demokrat, di Jakarta, Minggu (15/3/2020) mendatang.

Hinca mengatakan SBY mempersilakan partai yang ia bangun untuk melakukan regenerasi. Menurutnya, presiden ke-6 RI itu tak akan mencalonkan diri kembali menjadi ketum.

Hinca memastikan Demokrat akan memiliki ketum baru setelah akhir pekan ini. Namun, ia enggan membocorkan calon-calon suksesor SBY.

Hinca menolak berkomentar lebih lanjut saat ditanya apakah akan ada pertarungan dua putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Eddie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

“Siapa orangnya? Tunggu kongres. Jangan kau tanya siapa pemenang Atletico Madrid versus Liverpool sebelum kau lihat pertandingannya,” kata Hinca di kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Sementara itu ketika ditanya tentang kehadiran Presiden Jokowi dan tokoh lain di acara Kongres, Hinca Panjaitan menegaskan, kongres merupakan acara internal partai, sehingga pihaknya tidak akan mengundang tokoh-tokoh yang berasal dari luar partai.

“Inilah bedanya Partai Demokrat dengan partai lain. Partai Demokrat tak mengundang Presiden Joko Widodo untuk hadir di Kongres V Partai Demokrat. Kami lakukan kerja internal kami tidak mengundang siapapun termasuk Presiden Jokowi,” kata Hinca.

Kendati demikian, Hinca mengatakan, partainya tetap menjalin komunikasi dengan Presiden Joko Widodo dan menyampaikan bahwa Kongres V Partai Demokrat dalam rangka memilih kepengurusan baru partai.

“Jadi Partai Demokrat dengan pimpinan baru akan laporkan hasinya ke presiden sebagai pembina politik tertinggi di Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hinca enggan menyebut soal kandidat yang akan menggantikan posisi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selaku Ketua Umum. Namun ia memastikan SBY tidak akan lagi menjadi ketua umum pada periode selanjutnya.

“Nanti di situ (kongres) jawabnya, jangan di sini. Nah tapi yang pasti ada pengganti beliau (SBY) kan setiap kongres kan hasilkan pemimpin baru. Beliau sampaikan kepada kami bahwa sudah cukup saya, mau soft-landing sebagai ketum,” pungkasnya.

Adapun Partai Demokrat memutuskan akan menggelar Kongres V di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Kongres V Partai Demokrat ini digelar dalam rangka pemilihan ketua umum. Waktu Kongres dipercepat dari yang semula dijadwalkan diselenggarakan Mei 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here