Tanah Sekolah SDN 2 Jayamukti Dijual, Begini Klarifikasi Pemangku Kebijakan

0
191

POSBUMI.COM, GARUT – Beredarya di medsos menjadi pemberitaan di media prihal penjualan sekolah oleh Kepala Desa Jayamukti Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut, tim awak media posbumi menemui  Kepala Desa Jayamukti Hamdani di kantornya , Rabu 1 Juli 2020. Ia membenarkan adanya penjualan tanah sekolah SD yang ada di desanya.

Hamdani menyampaikan dijualnya tanah sekolah oleh kepala desa mengacu kepada beberapa pertimbangan dan melalui musyawarah antara BPD ,Komite dan semuah instansi yang ada keterkaitan dengan  sekolah

”Ada beberapa pertimbangan kenapa tanah sekolah itu dijual, di antaranya lokasi sekolah yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan karena posisinya di dalam perkampungan,” terang kades

Hal yang lain sambungnya, kondisi tanah sekolah yang sangat rawan pergeseran karena posisinya berada di pinggir tebing yang sewaktu – waktu bisa berakibat longsor dan tergerus dengan hasil musawarah dan mufakat maka sekola SD Jayamukti 2 dipindahkan ke tempat lebih aman dan srategis.

”Untuk itu, melalui musyawarah akhirnya tanah sekolah itu dijual untuk direlokasi ke tempat yang lebih aman dan bisa terjangkau oleh kendaraan, dan sekarang sekolah itu sudah berdiri di pinggir jalan raya,” ujar Kades Hamdani.

Pertimbangan lain direlokasinya sekolah itu menurut Hamdani demi keselamatan dan kepentingan para siswa sendiri, karena posisi tanah yang labil dan membahayakan berada di tepi tanah yang cukup curam rawan longsor.

”Jadi kalau tanah dijual itu benar, tapi uang nya diserahkan ke pihak sekolah untuk dibelikan dan dibangun kembali sekolah, dan saat ini sekolah itu sudah berdiri di pinggir jalan desa” pungkasnya.

Sementara dari keterangan ketua Kordinator Wilayah Pendidikan kecamatan Cihurip Edih Juandi mengatakan, meski proses penjualan tanah sekolah tidak turut serta dilibatkan, namun pemberitahuan akan dijualnya tanah yang ditempati oleh bangunan sekolah oleh pemilik tanah sudah diberitahukan sebelumnya.

”Saya dari Pihak Korwil pendidikan sangat merespon apa yang menjadi keinginan desa untuk merelokasi sekolah SD 2 Jayamukti yang sebelumnya berada di lokasi yang rawan longsor dan curam. membahayakan siswanya,”  kata Edih.

Melihat kondisi sekolah yang saat ini sudah ada, lanjutnya, hal ini merupakan nilai lebih bagi kami, karena Selain posisi sekolah ditempat yang rata, juga dapat diakses oleh kendaraan karena berada di sisi jalan desa.

”Untuk saat ini sekolah sangat diuntungkan, karena posisinya berada tepat di pinggir jalan dan tidak rawan longsor karena di tanah yang rata” ucap edih.

“Jadi menurut kami keputusan Kepala Desa Jayamuki untuk memindahkan sekolah SD 2 itu sudah dianggap tepat dan suatu kewajaran beliou selaku kepala desa harus berusaha semaksimal mungkin untuk kenyamanan warganya terutama dan anak sekolah,”  pungkas Edih.(Dani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here