tiga WNI ABK Kapal China Kini Pulang Dan Sempet Minta Tolong Jokowi

0
34

POSBUMI.COM, JAKARTA – Tiga Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) di kapal China ini sempat meminta tolong ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dipulangkan ke Tanah Air. Beritanya tersiar pada 14 Agustus lalu. Kini, tiga ABK itu dipulangkan berkat bantuan KJRI Guangzhou.

“KJRI Guangzhou pada 1 Oktober 2020 telah membantu pemulangan tiga ABK WNI asal Jawa Barat yang bekerja di kapal Ocean Star 86 dari kota Fuzhou, Provinsi Fujian RRT,” kata Konsul Penerangan Sosial Budaya KJRI Guangzhou, Kurniawan Wibowo, dalam keterangan persnya, Kamis (1/10/2020).

Ketiga ABK tersebut adalah Naufal Hibatullah dari Depok Jawa Barat, Guspiyandi dari Sukabumi, dan Dadan dari Sukabumi. Mereka terbang ke Indonesia menggunakan pesawat Xiamen Air MF855 pada pukul 07.35 waktu Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

“Berdasarkan hasil tes Covid pada 26 September, ketiganya dinyatakan negatif Covid-19 dan perusahaan kemudian mengatur pemulangannya ke Indonesia,” kata Kurniawan.

Mundur ke 14 Agustus lalu, mereka diberitakan meminta tolong kepada Presiden Jokowi. Kabar mereka yang terlunta-lunta di kapal China tersiar lewat pesan viral. Ketiganya membawa kertas karton bertuliskan permintaan tolong ke Jokowi sebagai berikut:

Pak Jokowi tolong kami agar bisa pulang dan evakuasi kami secepatnya….Nasib kami tidak jelas di China kami kami di terlantarkan selama 8 bulan dan tidak ada kepastian untuk di pulangkan disini kami serba kekurangan dan mandi pun sudah pakai rinso dan uang kami sudah habis. Kami sangat memohon untuk evakuasi dan di pulangkan ke Indonesia tercinta. Saya udah melapor kesana kemari tapi gak ada tindakan sama sekali. Kami sudah lapor ke kedutaan tapi hanya dibilang untuk sabar dan sabar.(Nisa/Dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here